Rabu, 17 Mei 2017

Teori Akuntansi Pertemuan 4



Pertemuan 4
·         Ada beberapa jenis perubahan dalam akuntansi, yakni:
1.       Perubahan metode
2.       Kesalahan estimasi
Anda estimasi ini gedung bisa dipakai 30 tahun, ternyata 40 tahun. Berarti selama 30 tahun anda sudah bikin depresiasi sudah abis kan. Tiba tiba itu gedung masih ada. Nah, berarti selama ini depresiasinya kegedean dong.
3.       Kesalahan mencatat
228 menjadi 282 bisa kan. Kesalahan itu.
4.       Terjadi karena perubahan entitas
Misalnya tadinya satu perusahaan, dan malah sekarang terbagi menjadi 2 perusahaannya. Bertantakan. Bagaimana anda membuat sebuah solusi terhadap kesalahan – kesalahan mudah seperti itu? Jawabannya ada dua:
-          Pakai prospective
-          Pakai retrospective
Contoh tadi kesalahan untuk menerka yang namanya estimasi. Barang yang digantung itu bisa dipakai 10 tahun, harganya 10 jt, setahun anda depreciate 1 jt. Tahun ke empat, anda harus tahu bahwa itu barang bisa dipakai 20 tahun. Berarti anda terlalu besar membebankan depresiasi 2x lipat kan. Lalu apa yang harus anda lakukan? Mau diubah dari depan? Kalau masih 4 tahun masih bisa diubah, kalau sudah 40 tahun bagaimana? Yang sudah lewat ga usah diubah. Langsung anda  membuat tahun ke limanya dengan benar, seakan akan anda sudah benar dari tahun 1 2 3 4 5. Tapi anda jalan 4 tahun itu anda sudah membebankan 4jt padahal sebenarnya anda cukup membebankan 2 jt. Kelebihan 2. Anda boleh pilih, tahun berikutnya anda tetap membebankan 500rb tapi retained earningnya anda koreksi 2jt. Jadi tahun ke 5 6 berikutnya anda sudah ga pusing lagi kan, sudah dikoreksi pada perubahan tahun lain. Prospektif artinya anda tidak harus mengubah yang lalu. Retroaktif lain, anda harus mengubah tahun terakhir seakan akan anda sudah benar dari tahun 1 2 3 4. Enak yang mana? prospektif. Masalahnya standar kita mengatakan anda harus menggunakan retrospektif kecuali tidak efisien baru boleh pakai prospektif. Kalau kesalahan estimasi - prospektif, kesalahan metode - retroaktif, kesalahan menulis - angka retroaktif maka kalau estimasi masih boleh prospektif.
·         Anda punya 7% pakai metode biaya / cost method/fair value method.
Kalau punya 24% pakai metode cost.
Kalau 75% pakai metode...
Di bawah 20% pakai metode cost.
Kalau 20% pakai metode equity.

Konsolidasi itu metode bukan? Itu metode pencatatan atau penyajian? Saya tanya anda pencatatan. Kalau anda punya 19% pakai metode cost. 23% metode equity. 45% metode equity.
20% – 100% pakai metode equity.
Emang kalau saya punya 11% saya ga boleh konsol ya? Saya punya 2% saya mau konsol suka suka saya. Kalau 80% anda harus konsol? Belum tentu. Konsol bukan sebuah cara, konsol sebuah penyajian. Anda baca PSAK. Kalau saya punya 80% tapi saya ga punya kemampuan dari direksi, saya tidak punya surat RPS (Rapat Umum), saya tidak bisa mengubah kebijakan keuangan, saya tidak punya kisi kisi maka pertanyaannya apakah anda harus mengkonsol? Anda bisa bayangkan rapatnya FORTH Family kecil kemungkinannya bisa mengubah segala sesuatu. Jadi anda tuh mengkonsol berdasarkan angka atau berdasarkan fakta? Fakta. 80% anda tetap menggunakan equity bukan konsol. Konsol sebuah pilihan penyajian. PT fast food indonesia produknya adalaah KFC. Pernah sadar ga kalo KFC itu selalu genap jumlah gerainya? Kenapa? Karena itu PT dimiliki 2 keluarga, 50% : 50%. Kalau saya punya perusahaan, saya akan bagi 51% : 49% karena akan bahaya dong kalau pecah kongsi kacau balau. Akan tetapi PT fast food itu Sampai sekarang akur. Siapa yang menguasai? Tidak ada. 22nya pun tidak konsol.
0% – kurang dari 20 pakai cost method.
20% – 100% pakai equity method.
Konsolidasi adalah penyajiannya.
·         Mengkonsol itu tidak harus, pilihan. Misalkan anda punya 80% dan menyajikan dengan cara equity tapi menyajikan dengan cara konsolidasi. Boleh tidak konsol andaikata:
1.      
2.      
3.      
4.      
5.      
·         Aset dikatakan lancar apabila? Anda menyajikan aset itu dibagi berdasarkan likuiditas kan. Yang masuk aset lancar syaratnya:
1.       Manfaatnya akan selesai di bawah 1 tahun. Makanya sebuah liabilitas, pinjaman jangka panjang, anda punya bagian 10 tahun. Itu yang akan jatuh tempo tahun depan, harus dipindahkan ke liabilitas lancar. Berarti kita tahu kalau mau dimasukkan ke dalam liabilitas lancar harus punya jangka waktu di bawah 1 tahun.
2.       Jadi anda beli trend ditahan sampai 2 tahun boleh ga? Ga boleh.
Sesuatu yang masuk ke lancar itu tujuannya untuk dihapuskan. Dihapuskan itu bisa dijual, dibuang kek, macem macem.
·         Liabilitas itu lancar jika pengorbanannya tidak terjadi di bawah 1 tahun (future sacrified benefit). Liabilitas bisa diselesaikan dengan aset. Kalau kamu punya hutang sama saya bayarnya pakai kas kan.  Bayar hutang pakai aset (inventory, PPE). Ga ada orang mau bayar utang pakai kas. Kalau saya utang sama kamu, saya ga mau bayar pakai kas. Anda mau bayar pakai kas? Jujur banget. Bedakan hidup rohani dengan hidup bisnis. Baayar hutang pakai aset. Kalau ga punya aset, pakai common stock. Jadi tadinya hutang, menjai pemegang saham kan. Liabilitas bisa diselesaikan dengan aset, equity, dan liabilitas. Gali lubang tutup lubang. Atau saya bisa bilang, uda deh utang saya ga bisa di rescedule dari utang jangka pendek (lancar) jadi hutang jangka panjang.
·         Kalau saya punya hutang sama dia, saya ga mau bayar. Saya bilang aja, beli saham saya aja. Berapa? Saham saya 10.000 dan dibeli 1jt, fair kan. Begitu dia beli saham 1 jt, yang jadi direksi saya kan, itu saham saya bikin masuk jurang sahamnya jatuh semua. Ini bentar lagi perusahaan mau ancur. Trus dia bilang gimana nih? Anda bilang aja kalau anda akan beli saham tersebut dengan harga 1jt. Setelah dia keluar, naikkan lagi harga sahamnya.
·         Pernah denger put option? Contoh enron, sahamnya turun 126$ tinggal 2 sen. Saham itu kan anda bisa jual yang namanya opsi. Opsi itu bisa nempel sama sahamnya, bisa ga nempel. Bisa dijual terpisah, bisa digabungkan nempel sama saham. Untuk opsi menjual namanya put option. Nah sekarang option  itu ada harganya kan di pasar? Digolongkan sebagai ekuitas atau liabilitas? Kita ini punya problem karna masalahnya setiap transaksi sebuah intrumen, tergolong sebagai apa? Contoh yang buisa diubah menjadi liablilitas dan ekiutas adalah convertible bonds. Convertible bonds itu termasuk sebagai bonds atau ekuitas? Ekuitas. convertible bonds is not a bonds. Nah tapi letaknya di tengah tengah antara liabilias dan ekuitas. Makanya hati hati dalam menyajikan. Menaruh di tempat yang salah maka cara pandangnya salah.
·         Jangan ada extraordinary letters.
·         Jadi bisa pindah ga dari OCI ke atas? Bisa.
·         Baca PSAK lampiran mengenai bentuk terkini laporan laba rugi. Liat judulnya, liat periodenya jangan sampai salah.
·         Unsur unsur dalam modal (ekuitas) di LPK:
1.       Common stock / saham beredar
2.       Convertible stock
3.       Additional PIC (OCC / other PIC)
4.       Retained earnings
5.       Treasury stock
6.       Derivatif derivatif
7.       Other comprehensive income
·         Dulu anda pakai laba rugi REnya masuk ke neraca modal ga? LPK? Masuk kan.
Kedua, sekarang sudah ada OCI, masuk ga? Masuk.
·         Manfaat laporan arus kas:
1.       Manfaat historis arus kas yang sekarang berguna untuk mencerminkan arus kas di masa depan
2.       Memberi informasi yang relevan bagi pengguna laporan keuangan tersebut
3.       Meningkatkan daya banding pelaopran kinerja operasi berbagai aktivitas
·         Bagi dividen itu operasi atau pendanaan? Kalau terima dividen, terima bunga sama bagi bunga merupakan dua hal berbeda. Ini jawabannya bias. Kaya anda memberi bunga sama orang sama anda terima bunga. Kalau anda terima bunga berarti kan anda menaruh di semua instrumen, berarti itu kan kemampampuannya manajer. Berarti itu termasuk ke dalam kegiatan operasi. Tapi kalau anda bagi bunga kan berarti anda karena ada orang, taro di atas. Pendanaan itu adalah pinjamannya, bunganya adalah operasi. Ada yang bilang, kenapa juga dibagi bagi? Karena dibilang bahwa bunga itu didapat dari sebuah bagaimana anda mengoperasikan pendanaan anda. Kaya dividen. Anda terima dividen karena anda menginvestasikan uang anda di sebuah tempat kan. Jadi itu adalah kegiatan manajer. Tapi kalau anda bagi dividen keluar, itu dipertanyakan, dividennya itu sendiri apa? Jadi 2 topik ini debatable sekali.
·         Menjabarkan artinya mata uang asing kan ga boleh dilaporkan asing di dalam laporan keuangan kita dong. Anda harus ubah dalam kurs uang kita. Jadi kalau anda pakainya adalah  1000$ kan anda harus laporkan di laporan keuangan kita yang basisnya adalah rupiah ke dalam IDR, USD harus berubah IDR. Permasalahannya adalah waktu kita mau ubah ke IDR, harus dikalikan dengan kurs kan. Nah kurs apa yang mau dipakai? Bisa kurs on spot saat transaksi. Misal transaksinya 4 desember pakai USD. Kan anda harus tulis kan nanti dalam laporan keuangan yang desember, mau pakainya apa? Kurs 4 september atau nanti setelah sudah semua baru di kurs kan pakai kurs 31 desember. Pakai kurs tengah BI atau kurs pajak terserah. Kalau di Indonesia yang besar itu BI sama Mas Ayu. Mau kurs BI boleh, kurs pajak boleh. Nah mengalikan angka itu disebut dengan nama menjabarkan, biasanya kalau unsur unsur dalam LPK itu menggunakan kurs 31 desember, kurs akhir tahun tutup. Tapi kalau dalam income statement biasanya memggunakan kurs spot transaction. Selebihnya masukkan saja dalam SAK 10. Nah pemerintahan yang sekarang sudah lebih bagus. Jadi kalau anda melaporkan mata uang asing atau mungkin bea cukai, anda harus memasukkan jumlah uang rupiahnya dan jumlah USDnya. Selama anda tidak mengeluarkan mata uang selain USD, laporannya ada dua.
·         Tambahan sedikit mengenai mata uang fungsional dan mata uang pelaporan. Dua hal yang sangat berbeda. Waktu anda membuat LPK dan income statement OCI, anda membuat sebuah mata uang. Mata uang dalam melaporkan namanya mata uang pelaporan. Tapi sehari hari anda bisnis boleh pakai mata uang asing, misalnya yen. Anda di indonesia boleh pakai yen. Mata uang fungsional adalah mata uang yang anda gunakan dalam bisnis anda. Tapi indonesia sudah bilang, nanti kalau bikin laporan keuangan harus pakai mata uang pelaporan, which is IDR. Jadi ada dua, pilihan utama adalah mata uang fungsional dan mata uang pelaporan. Ini isi PSAK 10 semua.
·         Jadi isinya yang pertama PSAK 10 adalah mata uang fungsional dan mata uang pelaporan. Pelaporan itu sesuai dengan UU negara yang bersangkutan. Indonesia mengatakan adalah IDR. Sedangkan mata uang fungsional adalah mata uang yang berkaitan dengan bisnis perusahaan itu. Tergantung apa mata uang fungsional itu?
1.       Tergantung 8 hal. Yang paling penting tadi adalah yang di arus kas ini. Ada mata uang yang terkait dengan operasi, depresiasi, dan pendanaan.
-          Kita lihat dulu, anda tuh operasi pakai duit paling banyak mata uang apa? Itu yang menentukan. Transaksi keuangan yang paling banyak keluar dalam bisnis antara lain biaya pegawai, beli bahan, terima duit penjualan, penerimaan royalti (untuk bahan bahan intangible). Kalau pajak sudah pasti pakai IDR. Dari situ ketauan, yang paling besar duit dalam mata uang apa. Karyawan, metode dari jepang yang gajinya pakai yen. Bahan baku dari jepang, dan yang beli orang jepang. Ketauan banget fungsionalnya pakai yen.
-          Kalau yang ini gabisa dapet, cari nomor 2 yang namanya investasi. Pak yang namanya yen Cuma dipakai 10% pak, yang lain tersebar seluru asia. Nomor 2 ini pabrik yang namanya sign ini investasi terbesar pakai duit apa? darimana? Mesin mesinnya beli paling besar dari mana investasinya? Itu untuk menentukan mata uang fungsional
-          Ketiga, Duitnya darimana tuh berdiri cabang itu?
-          Keempat, Siapa pemiliknya? Dimana pemiliknya?
Tapi jangan langsung ambil langkah ke empat. Harus berurutan dari step 1. Bisa sama, bisa beda. Kalau belum di realisasi, ga bisa masuk arus kas.
·         Jadi alternatif alternatif untuk memperlakukan bunga dan dividen dalam 3 unsur activity.
·         Jadi kalau ditanya, dividen termasuk apa? Jawabannya tergantung pak. Terima dividen atau bayar dividen. Dividen termasuk kegiatan pendanaan jika untuk terima, jika untuk bayar. Bunga termasuk apa? Pembayaran atau terima?
·         Kalau kamu menguasai saya 90%, saya siapanya kamu? Anak perusahaan (subsidiary).
Kalau kamu menguasai saya 30%, apa hubungan kita? Induk perusahaan
Kamu panggil saya anak sampai pada batas berapa?
Kalau kamu punya saya cuma < 20%?
·         Trans 7 pemiliknya siapa? Trans TV, kompas gramedia, dan MNC. Masalahnya tidak ada yang mayoritas. Besar kepemilikannya hampir sama semua sehinhga tida ada konsolidasi. Terkadang saya ga ingin memiliki anda > 50% yang oenting anda adalah anak perusahaan saya. Makanya coca cola tidak pernah memiliki anak perusahaannya > 50% supaya apa? Supaya tidak melakukan konsolidasi. Nanti 5% atau 7% lainnya digunakan untuk memiliki anak perusahaan yang lainnya. Jadi ga ada kepemilikan besar langsung, seakan akan oemiliknya banyak. Apa tujuannya? Untuk mengjhindari konsolidasi.
·         Pernah dengar off BS? Akun akun yang tidak diikutsertakan untuk dimasukkan dalam neraca. Lawan kata off BS adalah komsolidasi. Jadi konsolidasi tidak hanya sekedar menyajikan. Akan tetapi, perlu disertakan dalam pelaporan saya atau tidak? Kalau tidak perlu berarti off BS. Kenapasih orang gamau konsol? Agar tidak terlihat sebagai perusahaan yang suka konsol. Sehingga bayar pajaknya tidak terlalu besar.
·         Non kas tidak perlu dibahas dalam cash flow.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar