Rabu, 11 Januari 2017

Jawaban Latihan Kewrirausahaan



1.    Untuk bisa menyerahkan uang pinjaman tersebut berikut bunga ataupun bagi hasilnya, maka hal yang dapat dilakukan adalah melipatgandakan uang dengan melakukan investasi di pasar finansial. Investasi di pasar finansial merupakan cara  melipatgandakan uang yang paling tepat. Hal ini dapat dilakukan dengan cara berikut :
a.    Berorientasi pada profit jangka panjang, jadi saya akan menginvestasikan dana dalam saham dengan mengharapkan dividen, bukan capital gain. Yang penting adalah dananya aman di dalam saham-saham tersebut, dan saya akan terus mendapatkan return secara berkala. Saham adalah tabungan. Selain saham, saya juga akan berinvestasi dengan membeli tanah, membangun rumah kos, atau menimbun emas sebagai upaya untuk melipatgandakan pendapatan.
b.    Berinvestasi pada obligasi dan reksadana. Obligasi merupakan pernyataan hutang dari penerbit obligasi, berikut janji untuk mengembalikan hutang tersebut dan memberikan bunga sesuai perjanjian. Keuntungan didapat dari bunga kupon yang dibayarkan secara berkala, bisa setiap bulan atau per beberapa bulan. Obligasi memiliki imbal hasil berdasarkan suku bunga yang kompetitif dibandingkan deposito.
Sedangkan reksadana merupakan koleksi instrumen investasi tertentu yang dikemas sedemikian rupa hingga menjadi produk keuangan dengan potensi return optimal dan risiko terkontrol. Komposisi reksadana bisa jadi hanya terdiri dari saham, maupun gabungan saham dengan instrumen investasi lain seperti obligasi dan valuta asing (valas). Risiko investasi reksadana sebenarnya lebih tinggi daripada obligasi, tetapi skala risk / reward sering dianggap paling optimal ketika bursa saham sedang turun.
c.    Mengincar capital gain dari pasar saham. Capital gain diperoleh dari selisih harga beli saham dan harga jualnya di masa mendatang. Untuk itu, saya akan selalu mencari peluang untuk membeli saat harga saham murah, dan menjualnya kembali saat harganya sudah berlipat lebih tinggi.



2.    Berikut adalah dampak operasional bisnis yang akan terjadi bila suatu bisnis konvensional terletak di:
a.    Jalur jalan satu arah, tikungan, rumah makan dekat rumah abu.
Dampak: apabila suatu bisnis terletak di lokasi yang demikian, kemungkinan peluang untuk memperoleh pelanggan itu terbatas. Hal itu dikarenakan letak bisnis konvensional tersebut berada di tikungan jalan yang satu arah, dimana lokasi tersebut kemungkinan besar sulit untuk dilihat oleh para pelanggan. Selain itu, pada umumnya para pengguna jalan akan fokus terhadap kondisi tikungan yang akan dilintasinya karena pada lokasi tersebut sangat rawan terjadi kecelakaan. Akan tetapi hal tersebut tidak menutup kemungkinan adanya pelanggan lainnya, karena letak bisnis konvensional tersebut berdekatan dengan rumah abu dimana setiap orang yang berkunjung ke rumah abu tersebut dapat mampir dan menikmati makanan yang disajikan oleh bisnis konvensional tersebut. Selain itu, apabila di lokasi tersebut anda berstatus sebagai penjual monopoli (tidak ada kompetitor yang menjual barang sejenis) maka hal itu pun akan meningkatkan pendapatan pelaku usaha tersebut.

b.    Jalur sangat padat, searah, pusat konsentrasi pemukiman penduduk.
Dampak: apabila suatu bisnis terletak di lokasi yang demikian, kemungkinan peluang untuk memperoleh pelanggan itu cukup besar. Hal itu dikarenakan letak bisnis konvensional tersebut berada di jalur yang sangat padat, jadi ada kemungkinan agar setiap orang yang merasa jenuh atas padatnya lalu lintas dapat mampir ke lokasi bisnis tersebut untuk beristirahat sejenak dan menikmati setiap produk yang dijual. Selain itu, karena letaknya berdekatan dengan pusat konsentrasi pemukiman penduduk maka peluang untuk memperoleh pelanggan pun semakin bertambah. Hal itu dikarenakan setiap manusia pada era modern ini sangat konsumtif, yakni perilaku seseorang yang suka membelanjakan uangnya dalam jumlah yang besar. Salah seorang pisikolog mengatakan bahwa masyarakat kita saat ini lebih mengutamakan keinginanya dari pada kebutuhanya.


c.    Mall.
Dampak: apabila suatu bisnis terletak di lokasi yang demikian, kemungkinan peluang untuk memperoleh pelanggan itu sangat besar. Hal itu dikarenakan letak bisnis konvensional tersebut berada di mall. Seperti yang kita ketahui bahwa manusia pada era modern saat ini lebih senang menghabiskan waktu di mall, baik itu para mahasiswa/i, karyawan, dan lain sebagainya. Dengan banyaknya jumlah pengunjung suatu mall, maka kemungkinan akan sebanding dengan jumlah pelanggan dari suatu bisnis yang berlokasi di dalam mall tersebut. Hal itu dikarenakan setiap manusia pada era modern ini sangat konsumtif, yakni perilaku seseorang yang suka membelanjakan uangnya dalam jumlah yang besar. Salah seorang pisikolog mengatakan bahwa masyarakat kita saat ini lebih mengutamakan keinginanya dari pada kebutuhanya.

3.    Apabila saya memiliki minimarket sekelas alfamidi dan berlokasi di pemukiman seperti pondok indah, kelapa gading, dan pluit maka produk yang akan saya sumbangkan sebagai penyumbang penjualan terbesar di dunia adalah sejenis makanan cepat saji yang bergizi tinggi dan memiliki kemasan yang ekonomis serta praktis. Hal itu dikarenakan setiap manusia pada era modern ini sangat konsumtif, yakni perilaku seseorang yang suka membelanjakan uangnya dalam jumlah yang besar. Salah seorang pisikolog mengatakan bahwa masyarakat kita saat ini lebih mengutamakan keinginanya dari pada kebutuhanya. Selain itu, pada era modern seperti saat ini, setiap orang (khususnya para warga di daerah pondok indah, kelapa gading, dan pluit) sudah sangat sibuk dengan rutinitas mereka sehari – hari dan tentunya akan sulit bagi mereka meluangkan waktunya untuk makan di tempat makan / restoran tertentu. Dengan adanya makanan cepat saji tersebut maka dapat menghemat waktu karena mereka dapat mengkonsumsinya di mana pun dan kapan pun berhubung kemasan makanan tersebut sangat praktis. Karena makanan cepat saji tersebut diharapkan mampu memuaskan kebutuhan para konsumen, maka besarnya persentase penjualan yang saya harapkan kurang lebih sebesar 80%.
Dan mengenai layout toko, makanan tersebut akan saya letakkan di rak yang terletak di muka toko agar mudah ditemukan oleh para konsumen.

4.    Menurut saya, contoh usaha kecil yang bisa menembus pasar global adalah mengolah limbah batok kelapa sebagai produk yang ramah lingkungan. Limbah dari batok kelapa tersebut dapat menghasilkan karbon aktif yang dapat digunakan untuk penyaringan air minum. Dan apabila kita mengekspornya ke pasar -  pasar di Amerika Serikat, Eropa, dan China otomatis persentase penjualan kita akan menjulang tinggi dikarenakan produk yang kita hasilkan adalah produk yang berinovasi dan ramah lingkungan serta sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari – hari.
Dengan adanya kemajuan teknologi saat ini, maka kita dapat memanfaatkanya guna mendukung bisnis tersebut. Salah satunya adalah menggunakan sistem teknologi informasi dan komunikasi dalam hal pemesanan barang oleh konsumen yang berada di luar negeri serta melakukan transaksi pembayaran menggunakan electronic banking.

5.    Yang harus dilakukan oleh keluarga tersebut untuk menyelamatkan perusahaan mereka adalah memberikan hak kepada kedua orang anaknya untuk mengelola bisnis yang sudah dibentuk sejak lama oleh orang tuanya. Dengan berbekal pengetahuan manajemen yang baik serta kemampuan berkompetensi yang tinggi maka diharapkan mampu untuk mengembangkan perusahaan milik orang tuanya tersebut.
Berikut adalah manfaat memiliki pengetahuan manajemen yang baik serta kemampuan berkompetensi yang tinggi.
a.    Menghemat waktu dan biaya
Dengan sumber pengetahuan yang terstruktur dengan baik, maka perusahaan akan mudah untuk menggunakan pengetahuan itu untuk konteks lain, sehingga perusahaan akan dapat menghemat waktu dan biaya.
b.    Peningkatan aset pengetahuan
Sumber pengetahuan akan memberikan kemudahan kepada setiap karyawan untuk menggunakannya, sehingga proses pemanfaatan pengetahuan di lingkungan perusahaan akan meningkat, yang pada akhirnya kreativitas dan inovasi proses akan terdorong lebih luas dan setiap karyawan dapat meningkatkan kompetensinya.
c.    Kemampuan beradaptasi
Perusahaan akan dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan bisnis yang berubah terjadi.
d.    Peningkatan produktfitas
Ada pengetahuan dapat digunakan kembali untuk proses atau produk yang akan dikembangkan, sehingga produktivitas perusahaan akan meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar