ANALISIS
IR.
CIPUTRA MENURUT SAYA
Disusun Oleh:
Nama : Maria Gabriela
NIM : 2013-012-459
Studi
: Kewirausahaan Sie
B
Kode
Mata Kuliah : ECA 470
UNIVERSITAS
KATOLIK INDONESIA ATMAJAYA JAKARTA
FAKULTAS
EKONOMI
AKUNTANSI
Hasil Analisis
1. Salah satu usaha yang paling
menjanjikan di masa sekarang ini adalah menjadi seorang wirausaha. Wirausha
adalah orang yang pandai atau berbakat untuk mengenali produk baru, menentukan
cara dan proses produksi baru, menyusun operasi pengadaan produk yang baru,
memasarkannya, serta mengatur modal operasinya. Berikut akan dibahas mengenai keuntungan menjadi
wirausaha.
·
Tidak terikat waktu
Menjadi
seorang wirausaha tidak akan pernah terikat waktu, apa yang akan kita lakukan
dan kerjakan semua tergantung dari kita sendiri. Jadi seorang wirausaha harus
pintar dan pandai dalam mengelola waktu yang digunakan dalam usahanya.
Memaksimalkan waktu yang sedikit dan menjadikannya keuntungan-keuntungan yang
luar biasa. Ingat walaupun tidak terikat waktu tapi harus tetap pandai
mengelola waktu usaha.
·
Memiliki kebebasan mencapai tujuan usahanya
Kebebasan
adalah hal yang sangat bernilai bagi seseorang, di mana orang tersebut dapat
melakukan apapun yang diinginkannya tanpa ada yang menghalangi. Dalam konteks
wirausaha, kebebasan adalah bagaimana mengelola waktu, sumber daya manusia,
alat dan bahan serta tujuan yang ingin dicapai dalam usaha sesuka hatinya. Tapi
dalam kebebasan tersebut tetap ada batasan-batasan yang masuk akal atau dapat
dilogika. Yang tidak boleh dilupakan dalam kebebasan usaha adalah tidak
sewenag-wenang mengatur karyawan.
·
Bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru dan membantu orang lain
Dengan
mendirikan sebuah usaha ini berarti wirausahawan memberikan peluang kepada
masyarakat untuk mendapatkan kesempatan kerja pada usaha yang diciptakannya.
Hal ini menjadi salah satu keuntungan dalam berwirausaha, selain berwirausaha
yang tidak kalah penting adalah membantu orang lain untuk memperoleh kerja dan
mengurangi pengangguran di kalangan masyarakat. Banyaknya pengangguran bisa
jadi membuka peluang kejahatan, karena susahnya mendapatkan uang maka
pengagguran yang frustasi menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang. Sisi
positif bagi wirausahawan dalam konteks ini adalah membantu mengurangi tingkat
kejahatan.
·
Mendapat pengakuan dari masyarakat sekitar
Biasanya
para pengusaha, walaupun masih kecil sekalipun sering kali mendapatkan peran
yang sangat strategis di dalam kehidupan sosial masyarakat pada lingkungannya.
Hal ini disebabkan banyak dari wirausahawan menjadi sukses karena usaha yang
dilakukannya secara terus menerus sehingga bisa berhasil dengan memuaskan.
Melalui proses-proses yang sangat sulit, rumit, dan panjang akan membentuk
sebuah karakter dan dipandang baik oleh masyarakat sekitar.
·
Memiliki kesempatan menunjukan kemampuan dan potensi diri
Dengan
memiliki sebuah usaha, wirausahawan dapat menyampaikan pikiran dan perilaku
mereka sendiri. Hal ini berarti memberikan kekuasaan pada dirinya secara penuh.
Seorang wirausahawan biasanya merupakan seorang yang sukses, membangun usaha
dari awal sampai menjadi besar dan sukses. Proses berat yang dialami bisa
ditunjukan kepada masyarakat, atau dengan kata lain memberikan contoh dan
motivasi kepada masyarakat sekitar.
·
Memperoleh manfaat dan laba yang maksimal
Menjadi
wirausahawan memiliki kebebasan untuk menentukan sendiri keuntungan atas
investasi dalam usahanya. Untung yang didapat seberapapun hasilnya bisa
digunakan dan diambil sesuka hati tanpa harus membagi dengan orang lain. Inilah
salah satu kelebuhan berwirausaha, bebas memperoleh dan menentukan laba. Tapi
ada hal yang juga perlu diingat, jika ingin usaha maju maka harus bisa
menyisihkan laba dan dijadikan sebagai tambahan modal supaya usaha bisa semakin
berkembang.
Dengan
kata lain terdapat beberapa keuntungan menjadi seorang wirausahawan, seperti
Tidak terikat waktu, memiliki kebebasan mencapai tujuan usahanya, bisa
menciptakan lapangan pekerjaan baru dan membantu orang lain, mendapat pengakuan
dari masyarakat sekitar, memiliki kesempatan menunjukan kemampuan dan potensi
diri, memperoleh manfaat dan laba yang maksimal.
Bisnis properti merupakan jenis
bisnis yang menjualkan, menawarkan, menyewakan atau menginvestasikan suatu
properti. Contoh properti ialah rumah, tanah, bangunan, rumah kontrakan, kost
dan semua yang berhubungan dengan bangunan. Usaha yang satu ini memiliki prospek
yang cukup cemerlang dan tergolong bisnis yang tidak pernah mati mengingat
kebutuhan manusia akan tempat tinggal terus bertambah.
Sehingga tak heran apabila banyak
orang yang terjun ke usaha bidang properti
ini. Berikut ini akan dipaparkan beberapa keuntungan bisnis properti.
a)
Properti adalah produk investasi
yang jumlahnya terbatas
b)
Kontrol pasar ada ditangan pemilik
properti
Dengan investasi properti, anda
sendiri yang menentukan investasi mana yang akan anda beli, bagaimana anda akan
menghasilkan dari property ini, berapa target hasil anda atau langkah apa yang
akan anda lakukan untuk meningkatkan harga jual. Selain itu, properti juga bisa
menghasilkan uang tanpa kita harus menjualnya, misal dengan menyewakan atau
melakukan refinancing (pendanaan
ulang) terhadapnya.
c)
Properti terlindung dari inflasi
Secara umum, salah satu resiko
terbesar dari dunia investasi adalah pergerakan harga yang seringkali
bergelombang. Tetapi di bisnis investasi ini, kecenderungan pergerakan harga
property terus meningkat. Kenaikannya memang kecil, namun stabil.
d)
Langsung dapat untung saat membeli
properti
Misal harga pasaran rumah 200 juta
dibeli 150 juta jauh dibawah harga pasar, maka kita langsung dapat untung dari
selisih harga tersebut.
e)
Harga properti bisa dinaikkan dengan
modal relatif kecil
Contohnya dengan mengecat ulang,
memugar pagar sehingga kelihatan lebih baru sehingga daya tariknya lebih tinggi.
f)
Mendapat 2 keuntungan yaitu capital gain dan cashflow
Capital
gain yaitu selisih antara harga saat jual sekarang dengan harga
saat kita membeli, sedangkan cashflow
adalah penghasilan yang dihasilkan dari aset tersebut.
Selain itu, kalau di dalam investasi
saham Anda hanya akan mengenal satu cara untuk mendapatkan hasil dengan
menjualnya di harga yang lebih tinggi, sedangkan dalam dunia properti Anda bisa
mendapatkan dua jalur penghasilan. Pertama dengan cara konvensional, yaitu
menjuualnya di harga yang lebih tinggi. Kedua, dengan menyewakannya. Adanya
kedua hal ini memiliki kemampuan lebih untuk kemampuan leverage dari modal.
Karena dengan adanya uang sewa yang masuk dapat digunakan untuk menutupi biaya
perawatan.
g)
Mendapat uang tanpa kita menjual properti
tersebut
Hal ini bisa dilakukan dengan
menyewakan properti tersebut ataupun menjadikannya tempat usaha.
h)
Tidak menyita banyak waktu
Keuntungan
lainnya yakni kebebasan yang anda dapatkan. Bisnis properti merupakan bisnis
sampingan sehingga anda tidak harus setiap hari menjalankannya. Misal
kita punya rumah sewaan atau kost, dengan ditinggal jalan-jalan ke luar negeri
pun keuntungan dari biaya sewa tetap kita terima.
i)
Nilai properti naik terus secara
konsisten
Nilai
atau harga jual/sewa suatu properti akan terus naik setiap tahunnya, hal
ini berbeda dengan investasi lain yang sewaktu-waktu bisa turun naik. Hal ini sangat wajar mengingat
letak properti yang strategis banyak di cari orang. Sebagai contoh, tanah yang
ada di pinggir jalan raya memiliki harga yang terus meroket. Tentunya meskipun
anda hanya sebagai penghubung antara pembeli dan penjual, anda akan mendapatkan
komisi yang selalu bertambah setiap tahunnya.
j)
Properti bisa menghemat pajak
pendapatan
k)
Investasi properti sangat disukai
oleh Bank
l)
Orang-orang kaya diseluruh dunia
banyak yang berinvestasi di bidang properti
2. Tokoh
entrepreneur Indonesia Dr. Ir.
Ciputra memberikan sedikit pemaparan mengenai betapa pentingnya inovasi dalam
mengembangkan bisnis.
"Inovasi
akan membuka mata. Inovasi tidak akan membuat konsumen Anda mengatakan tidak.
Inovasi juga tidak akan membuat rekan bisnis Anda mengatakan tidak. Dan bahkan
inovasi tidak bisa membuat pemerintah menolaknya," ujar Ciputra usai
menerima penghargaan Asian Council for
Small Business (ACSB) 2016 Awards
untuk kategori Best Entrepreneur of the
Year.
Dr. Ir. Ciputra mengatakan
bahwa inovasi
muncul berkat adanya kreativitas dan kreativitas merupakan suatu keharusan
untuk meningkatkan strategi. Sehingga, inovasi menjadi kunci bagi Anda untuk
menaikkan derajat dan itu ada di dalam diri Anda sendiri. Dr. Ir. Ciputra selalu
berinovasi atas berbagai macam bisnis yang dilakukannya, khususnya di bidang
properti. Sebuah produk inovatif
memberikan nilai tambah yang paling maksimal hingga konsumen tidak mampu
menolaknya. Karenanya ia
selalu memverifikasi asumsi-asumsi yang ada, melakukan uji pasar dan memperbarui
ide terus menerus hingga yakin bahwa pelanggan tidak sanggup mengatakan tidak
kepada kita ia menawarkan produk. Selain itu, Dr. Ir. Ciputra
juga melayani pasar secara kreatif, memenangkan persaingan secara efektif, dan
lain sebagainya.
Penghargaan
ACBS Best Entrepreneur
diberikan kepada sosok entrepreneur
luar biasa yang membuat kontribusi signifikan pada pengembangan ekonomi
dan sosial pada sebuah komunitas. Pemilihan
Ciputra sendiri dinilai atas jasa-jasanya sebagai seorang entreprenuer selama ini dan
telah menginspirasi kaum muda dengan gaya kemimpinannya yang unik.
Kepemimpinan adalah kemampuan yang sanggup
meyakinkan orang lain supaya bekerjasama dibawah pimpinannya sebagai suatu tim
untuk mencapai tujuan tertentu. Cara alamiah mempelajari kepemimpinan adalah
‘melakukannya dalam kerja’ dengan praktik seperti pemagangan pada seorang seniman
ahli, pengrajin, atau praktisi. Dalam hubungan ini sang akhil diharapkan
sebagai bagian dari perannya memberikan pengajaran/intruksi.
Kebanyakan orang masih cenderung mengatakan
bahwa pemimpin yang efektif mempunyai sifat atau ciri-ciri tertentu yang sangat
penting misalnya karisma, pandangan ke depan, daya persuasi, dan intensitas.
Dan memang, apabila kita berpikir tentang pemimpin yang heroic, kita harus mengakui bahwa sifat-sifat seperti itu melekat pada diri
mereka dan telah mereka manfaatkan untuk mencapai tujuan yang mereka inginkan.
Dan hal – hal seperti itu pula yang melekat
pada pria hebat, yakni Ir. Ciputra . Keseluruhan pendidikan masa remaja
Dr. Ir. Ciputra memang merupakan gabungan dari pendidikan yang akademis dan
juga non akademis, di dalam kelas dan juga di luar kelas. Inilah yang dapat
disebut sebagai sekolah kehidupan yang membuat seseorang tumbuh menjadi pribadi
yang mandiri dan utuh. Oleh karena itu tidak heran bila saat ini ia berpendapat
bahwa pendidikan yang baik adalah pendidikan yang membangun manusia seutuhnya
dan beberapa cirinya adalah membangun moral, mendorong kreativitas dan mendidik
karakter-karakter mandiri siswa-siswinya.
Apabila mengacu pada penggolongan teori
organisasi mengenai kepemimpinan dalam organisasi, Ir Ciputra termasuk ke dalam teori sifat dan dan perilaku karena beliau
apa yang beliau dapatkan sekarang adalah hasil dari segala kerja keras dan
semua itu terbentuk ketika beliau berkeinginan untuk mendapatkan hidup yang
lebih baik.
Banyak hal yang bisa kita pelajari dari gaya
kepemimpinan ala entrepreneur Ir. Ciputra, diantaranya :
1. Bersahaja
Kepemimpinan adalah keteladanan. Meskipun Ir.
Ciputra telah merakit kesuksesan besar dalam hidupnya, beliau tetap rendah hati
dan bersahaja. Sangat menarik apabila dikaitkan dengan sebelumnya mengenai
hasil penelitian Jim Collins, bahwa
para CEO terbaik di dunia memiliki sifat-sifat tersebut: bersahaja, rendah
hati, pemalu, tidak ingin menonjolkan diri.
2.
Tidak Percaya dengan Kegagalan
Sekali mengambil keputusan, maka tidak boleh
ada istilah gagal. Beliau bukannya abai terhadap resiko kegagalan, namun
kegagalan itu merupakan satu paket suatu keputusan.
Mindset berpikir seorang pemimpin sangat penting karena pengaruhnya dapat menular hebat ke seluruh elemen perusahaan. Gaya kepemimpinan Ciputra menebarkan rasa percaya diri yang sangat dalam kepada semua karyawannya.
Mindset berpikir seorang pemimpin sangat penting karena pengaruhnya dapat menular hebat ke seluruh elemen perusahaan. Gaya kepemimpinan Ciputra menebarkan rasa percaya diri yang sangat dalam kepada semua karyawannya.
3. Learning Spirit
Karyawan
Dalam gaya kepemimpinan Ciputra, kualitas
karyawan mendapat perhatian besar. Learning
spirit adalah cambuk yang dapat melecut kualitas. Learning Spirit yang terus menerus mengalun dalam jiwa secara
otomatis akan berkontribusi minimal kepada dua hal. Pertama, adanya peningkatan
keahlian di bidang teknis. Kedua, adanya peningkatan kapasitas moral.
Dengan adanya peningkatan di kedua hal
tersebut, mutu perusahaan adalah sesuatu yang niscaya. Seperti pernah dikatakan
Jim Collins, bisnis terpenting seorang pengusaha sesungguhnya adalah mencari,
mengelola, membentuk talenta-talenta bagi pencapaian suatu
perusahaan ataupun institusi. Jika Anda ingin membesarkan perusahaan,
pertama-tama yang perlu Anda pikirkan adalah sumber dayanya. Bukan yang lain.
Faktor – faktor yang mempengaruhi
kepemimpinan Ir. Ciputra adalah faktor personal dan dan faktor situasi kondisi.
Ir. Ciputra mempunyai tekad yang kuat untuk mewujud kan cita – cita nya serta
keberanian dan kegigihan nya seperti pada awal mula membangun bisnis nya dia
berani untuk menemui gubernur Jakarta pada era itu untuk mengajukan proposal
pembangunan pasar senen.
3.
Di
dalam teori persaingan kita mengenal ada suatu teori dari Michael Porter yang
sangat terkenal pada saat menganalisis persaingan atau competition analysis.
Teori tersebut sangat terkenal dengan istilah Porter Five Forces Model. Intinya sebenarnya Porter menilai bahwa
perusahaan secara nyata tidak hanya bersaing dengan perusahaan yang ada dalam
industri saat ini. Analisis yang biasa digunakan sebuah perusahaan adalah siapa
pesaing langsung perusahaan tersebut dan akhirnya mereka terjebak dalam ”competitor
oriented ”, sehingga tidak mempunyai visi pasar yang jelas. Dalam five
forces model digambarkan bahwa kita juga bersaing dengan pesaing potensial
kita, yaitu mereka yang akan masuk, para pemasok atau suplier, para pembeli
atau konsumen, dan produsen produk-produk pengganti. Dengan demikian, kita
harus mengetahui bahwa ada lima kekuatan yg menentukan karakteristik suatu
industri, yaitu :
1) Intensitas persaingan antar
pemain yang ada saat ini
2) Ancaman masuk pendatang
baru
3) Kekuatan tawar menawar
pemasok
4) Kekuatan tawar pembeli
5) Ancaman produk pengganti
Kekuatan pertama yang biasanya menjadi fokus
para pemasar adalah masalah persaingan antar pemain dalam industri. Biasanya
intensitas persaingan itu dipengaruhi banyak faktor, misalnya struktur biaya
produk. Misalkan semakin besar porsi biaya tetap dalam struktur biaya, maka
semakin tinggi intensitas persaingan. Hal ini disebabkan, setiap penjual
memiliki tingkat break even point
yang tinggi sehingga pada umumnya harus menjual produk dalam jumlah yang besar,
dan bila perlu dilakukan “banting harga” agar bisa mencapai tingkat break even tersebut.
Kedua, ancaman masuk dari pendatang baru,
kekuatan ini biasanya dipengaruhi oleh besar kecilnya hambatan masuk ke dalam
industri. Hambatan masuk kedalam industri itu contohnya antara lain: besarnya
biaya investasi yang dibutuhkan, perijinan, akses
terhadap bahan mentah, akses terhadap saluran distribusi, ekuitas merek dan
masih banyak lagi. Biasanya semakin tinggi hambatan masuk, semakin rendah
ancaman yg masuk dari pendatang baru.
Ketiga adalah kekuatan tawar pemasok atau supplier. Biasanya sedikit jumlah
pemasok, semakin penting produk yang dipasok, dan semakin kuat posisi tawarnya.
Demikian juga dengan kekuatan keempat yaitu kekuatan tawar pembeli, dimana kita bisa melihat bahwa semakin besar pembelian, semakin banyak
pilihan yang tersedia bagi pembeli dan pada umumnya akan membuat posisi pembeli
semakin kuat. Kekuatan yang terakhir adalah soal produk – produk substitusi, seberapa banyak produk substitusi di pasar.
Ketersedian produk substitusi yg banyak akan membatasi keleluasaan pemain dalam
industri untuk menentukan harga jual produk.
Faktor Eksternal
Kelima kekuatan bersaing menurut Porter
diatas dapat dikategorikan sebagai faktor eksternal. Definisi dari faktor
eksternal perusahaan itu sendiri adalah lingkungan bisnis yang melengkapi
operasi perusahaan yang memunculkan peluang dan ancaman. Faktor ini
mencakup lingkungan industri dan lingkungan bisnis makro, yang membentuk
keadaan dalam organisasi dimana organisasi ini hidup. Elemen-elemen dari Faktor
eksternal tersebut adalah pemegang saham, pemerintah, pemasok, komunitas lokal,
pesaing, pelanggan, kreditur, serikat buruh, kelompok kepentingan khusus, dan
asosiasi perdagangan. Lingkungan kerja perusahaan umumnya adalah industri
dimana perusahaan dioperasikan.
Lingkungan bisnis makro atau lingkungan
sosial terdiri dari kekuatan umum yang tidak berhubungan langsung dengan
aktivitas-aktivitas jangka pendek organisasi tetapi dapat dan sering
mempengaruhi keputusan-keputusan jangka panjang. Perusahaan - perusahaan besar membagi lingkungan sosial dalam satu wilayah geografis
menjadi empat kategori, terdiri dari faktor ekonomi, sosiokultural, teknologi
dan politik-hukum dalam hubungannya dengan lingkungan perusahaan secara
keseluruhan.
Sehingga apabila dilihat dari penjelasan
mengenai definisi Faktor Eksternal perusahaan dikaitkan dengan 5 kekuatan bersaing M. Porter, maka
5 kekuatan bersaing Porter merupakan faktor eksternal. Penjelasan lebih lanjut
menganai analisis faktor eksternal adalah faktor ini dibagi menjadi dua, yakni
peluang (opportunities) dan ancaman (threats). Ancaman adalah
suatu kondisi dalam lingkungan umum yang dapat menghambat usaha-usaha
perusahaan untuk mencapai daya saing strategis. Sedangkan peluang adalah
kondisi dalam lingkungan umum yang dapat membantu perusahaan mencapai daya
saing strategis.
Berikut adalah penerapan teori five forces Michael Porter pada perusahaan Ir. Ciputra.
1) Intensitas persaingan antar
pemain yang ada saat ini
Untuk
mengatasi hal tersebut, ada beberapa hal yang dilakukan Ir. Ciputra, yakni:
-
Pada
tahun 1998 –
2004, Ir. Ciputra melakukan restrukturisasi hutang,
penjadwalan kembali (rescheduling),
konversi hutang menjadi obligasi, konversi hutang menjadi
ekuitas modal dan penyelesaian hutang dengan aset.
-
Joint Operation
Sejak 2001 Ciputra memulai proyek kerjasama untuk ekspansi mengembangkan kawasan hunian mandiri dan superblock. Ekspansi tersebut dilakukan sampai ke luar jawa.
- Restructure Organization
Hal ini dilakukan dengan membenahi struktur
organisasi dipangkas menjadi lima lapis komunikasi dan punya kualitas SDM yang
handal.
- Human Resource
Ciputra mempunyai program SDM unggul membangun, yaitu dengan mengedepankan kualitas sumber daya manusia yang unggul dalam setiap
proyek pembangunan.
- Ciputra group menerapkan budaya kerja berkualitas dan unggul, sehingga setiap karyawan tetap produktif dan melakukan pelatihan dan pengembangan SDM
agar skill, knowledge and mindset karyawan terus diperbaiki, meningkatkan kesejahteraan karyawan dan mempertahankan lingkungan kerja yang sehat.
- Reputasi perusahaan
Brand
image Ciputra
sudah dikenal luas oleh masyarakat sehingga lebih mudah dalam mengenalkan
produk pada konsumen.
2) Ancaman masuk pendatang
baru
Untuk
mengatasi hal tersebut, ada beberapa hal yang dilakukan Ir. Ciputra, yakni:
- Partnership
Ciputra menerapkan pola kemitraan yaitu dengan menggandeng siapa saja yang memiliki saham.
- Expansion
Ciputra melakukan ekspansi hingga keluar negeri khususnya bermitra
dengan pengusaha lokal di Vietnam, Kamboja, India,
dan China.
- Menganggarkan dana Rp. 1
triliun untuk membangun proyek kota baru di Hanoi Vietnam,
Phnom Penh, Kamboja, dan Shenyang China.
3) Kekuatan tawar menawar
pemasok
Usaha properti milik Ir. Ciputra
menggunakan bahan bangunan yang masih diimpor dari luar negeri, sehingga
bergantung pada produsen luar negeri. Hal ini yang mebuat daya tawar perusahaan
properti Indonesia khususnya bisnis properti milik Ir. Ciputra cukup lemah,
karena pemasoknya terdiri dari banyak perusahaan luar. Akan tetapi jika terjadi
fluktuasi dan pelemahan nilai tukar mata uang dalam negeri, hal ini yang
menjadi bumerang terhadap perusahaan yang bergerak di bidang properti, seperti
bisnis properti Ir. Ciputra.
4) Kekuatan tawar pembeli
Jumlah
peminat properti dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, Peminat
properti di Indonesia pada umumnya tidak mempunyai daya tawar yang cukup kuat
terhadap jasa properti. Jadi melihat hal tersebut jelas potensi penjualan
properti cukup
besar dan meningkat dari tahun ke tahun, apalagi di Indonesia banyak potensi peminat properti yang belum digarap.
5) Ancaman produk pengganti
Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa
hal yang dilakukan Ir. Ciputra, yakni:
-
Eco-product, yaitu program peningkatan
mutu pembangunan yang ramah lingkungan, menghasilkan produk unggul
dan inovasi berkelanjutan meningkatkan kepuasan konsumen
dan efisiensi.
-
Responsif
terhadap selera konsumen. Ciputra memiliki unit riset dan pengembangan yang
selalu bekerja untuk menganalisis perubahan selera konsumen.
Selain hal di atas, ada beberapa peluang
dan juga ancaman yang dihadapi Ir. Ciputra sebagai berikut.
Peluang :
a.
Perkembangan
ekonomi Asia
Meskipun China
sebagi pusat ekonomi Asia sedang mengalami kondisi perekonomian yang sedang
kurang baik, tetapi hal ini tidak berpengaruh besar terhadap Hongkong yang
menjadi Negara tujuan ekspansi Ciputra saat ini.
b.
Pertumbuhan
penduduk
Meningkatnya jumlah
penduduk mengindikasikan bahwa kebutuhan hunian semakin meningkat.
c.
Tren
pertumbuhan properti
Tren pertumbuhan
properti terus mengalami peningkatan, ini berarti memungkinkan industri
properti untuk terus maju dan berkembang dalam menghadirkan hunian yang
berkualitas.
d. Demand / permintaan pasar. Meningkatnya
kebutuhan akan hunian merupakan suatu peluang.
Ancaman :
a.
Pesaing
Potensial
Melihat besarnya
minat dan permintaan akan hunian memungkinkan munculnya pesaing potensial yang
dapat mengancam keberadaan perusahaan.
b.
Produk
Subtitusi
Produk substitusi
berupa apartemen dari produk pesaing dapat mengancam usaha inti dari Ciputra
yaitu perumahan, karena dapat mengalihkan minat konsumen.
c.
Inflasi
Adanya inflasi akan
mengurangi minat masyarakat untuk membeli hunian, Karena mereka akan cenderung
mengutamakan kebutuhan prioritasnya.
d.
Kebijakan
Pemerintah
Adanya batasan dalam
pembukaan lahan akan membatasi peluang Ciputra untuk mendirikan proyek baru.
4.
a) Dari
sekian banyak bisnis yang dimiliki oleh Ir. Ciputra cara memulai bisnis yang
paling sering dilakukannya adalah dengan memulai usaha dari nol. Akan tetapi,
ia pun pernah memluai bisnis dengan membeli perusahaan yang telah beroperasi
maupun membeli waralaba. Berikut penjelasannya.
Bisnis Dr. Ir. Ciputra yang dimulai dari awal
Karya-karya besar Ciputra begitu beragam, karena hampir
semua subsektor properti dijamahnya. Ia kini mengendalikan 5 kelompok usaha Jaya, Metropolitan, Pondok Indah, Bumi
Serpong Damai, dan Ciputra
Development yang masing-masing memiliki bisnis inti di sektor properti.
Proyek kota barunya kini berjumlah 11 buah tersebar di Jabotabek, Surabaya, dan di
Vietnam. Proyek - proyek properti komersialnya, juga sangat berkelas dan
menjadi trend setter di bidangnya. Lebih dari itu, proyek - proyeknya juga
menjadi magnit bagi pertumbuhan wilayah di sekitarnya.
Perjalanan bisnis Ciputra dirintis sejak masih menjadi
mahasiswa arsitektur Institut Teknologi
Bandung. Bersama Ismail Sofyan
dan Budi Brasali, teman
kuliahnya, sekitar tahun 1957 Ciputra mendirikan PT Daya Cipta. Biro arsitek milik ketiga mahasiswa tersebut, sudah
memperoleh kontrak pekerjaan lumayan untuk masa itu, dibandingkan perusahaan
sejenis lainnya. Proyek yang mereka tangani antara lain gedung bertingkat
sebuah bank di Banda Aceh. Tahun
1960 Ciputra bertekad untuk ke Jakarta. Dengan bendera PT Perentjaja Djaja IPD, proyek bergengsi yang ditembak Ciputra
adalah pembangunan pusat berbelanjaan di Kawasan Senen. Dengan berbagai cara,
Ciputra berusaha menemui Gubernur Jakarta ketika itu, Dr. R. Soemarno, untuk menawarkan proposalnya. Pertemuan dengan
Soemarno kemudian ditindak lanjuti dengan mendirikan PT Pembangunan Jaya.
Setelah pusat
perbelanjaan Senen, proyek
monumental Ciputra di Jaya selanjutnya adalah Taman Impian Jaya Ancol dan Bintaro Jay. Melalui perusahaan yang 40% sahamnya dimiliki Pemda DKI inilah Ciputra menunjukkan kelasnya sebagai
entrepreuneur sekaligus profesional yang handal dalam menghimpun sumber daya
yang ada menjadi kekuatan bisnis raksasa. Grup Jaya yang didirikan tahun 1961
dengan modal Rp. 10 juta, kini memiliki total aset sekitar Rp. 5 trilyun.
Dengan didukung kemampuan lobinya, Ciputra secara bertahap juga mengembangkan
jaringan perusahaannya di luar Jaya, yakni Grup Metropolitan, Grup Pondok Indah, Grup Bumi Serpong Damai, dan
yang terakhir adalah Grup Ciputra.
Ciputra memiliki saham di lima kelompok usaha (Grup Jaya, Grup Metropolitan, Grup Pondoh
Indah, Grup Bumi Serpong Damai, dan Grup Ciputra). Dari Kelima kelompok
usaha itu, Ciputra tidak menutupi bahwa sebenarnya ia meletakkan loyalitasnya
yang pertama kepada Jaya. Pertama, karena ia hampir identik dengan Jaya. Kedua,
adalah kenyataan bahwa setelah Pemda
DKI, Ciputra adalah pemegang saham terbesar di Jaya.
PT Metropolitan Development adalah perusahaannya yang ia
bentuk tahun 1970 bersama Ismail
Sofyan, Budi Brasali, dan beberapa mitra lainnya.
Bisnis Dr. Ir. Ciputra dengan membeli perusahaan yang telah beroperasi
Kelompok usaha Ciputra ketiga adalah Grup Pondok Indah (PT Metropolitan Kencana) yang
merupakan usaha patungan antara PT
Metropolitan Development dan PT
Waringin Kencana milik Sudwikatmono
dan Sudono Salim. Grup
ini antara lain mengembangkan Perumahan
Pondok Indah dan Pantai Indah
Kapuk. Kelompok usaha yang keempat adalah PT Bumi Serpong Damai, yang
didirikan awal tahun 1980-an. Perusahaan ini merupakan konsorsium 10 pengusaha
terkemuka yang mengembangkan proyek
Kota Mandiri Bumi Serpong Damai, proyek jalan tol BSD – Bintaro Pondok Indah,
dan lapangan golf Damai Indah Golf.
Grup Ciputra adalah kelompok usahanya yang Kelima.
Grup usaha ini berawal dari PT Citra
Habitat Indonesia, yang pada awal tahun 1990 diakuisisi seluruh sahamnya
dan namanya diubah menjadi Ciputra Development (CD). Pertumbuhan Ciputra Development belakangan terasa
menonjol dibandingkan keempat kelompok usaha Ciputra lainnya. Dengan usia
paling muda, Ciputra Development justru yang pertama go public di pasar modal pada Maret 1994. Baru beberapa bulan
kemudian Jaya Real properti menyusul.
CD kini memiliki 4 proyek skala luas: Perumahan
Citra 455 Ha, Citraraya Kota Nuansa Seni di Tangerang seluas 1.000 Ha,
Citraraya Surabaya 1.000 Ha, dan Citra Indah Jonggol. 1.000 Ha. Belum
lagi proyek-proyek hotel dan mal yang dikembangkannya, seperti Hotel dan Mal
Ciputra, serta super blok seluas 14,5 hektar di Kuningan Jakarta. Grup Ciputra
juga mengembangkan Citra Westlake City seluas 400 hektar di Ho Chi Minh City,
Vietnam. Pembangunannya diproyeksikan selama 30 tahun dengan total investasi
US$2,5 miliar.
Bisnis Dr.
Ir. Ciputra dengan membeli waralaba
Selain itu, CD juga menerjuni bisnis keuangan melalui Bank Ciputra, dan bisnis broker
melalui waralaba Century 21. Sejak beberapa tahun lalu, Ciputra menyatakan
Kelima grup usahanya – terutama untuk proyek-proyek propertinya – ke dalam
sebuah aliansi pemasaran.
b) Dari berbagai cara untuk memulai bisnis yang ada, yakni memulai
dari awal, membeli perusahaan yang telah ada, dan membeli waralaba / franchise, saya akan menggunakan ketgia
cara tersebut karena masing – masing cara memiliki kelebihan dan kelemahan
sebagai berikut.
·
Merintis
Usaha Baru
Hal-hal yang perlu diperhatikan
dalam merintis
usaha baru antara lain:
1. Bidang dan jenis usaha yang akan dimasuki
/ dipilih.
2. Bentuk usaha dan bentuk kepemilikannya.
3. Tempat usaha yang akan dipilih.
4. Organisasi usaha yang akan digunakan.
5. Jaminan usaha yang mungkin diperoleh.
6. Lingkungan
usaha yang akan berpengaruh.
Kelebihan:
- Gagasan murni
- Bebas beroperasi
- Fleksibel dan mudah pengaturannya
Kekurangan:
- Pengakuan nama kurang /
belum terkenal
- Fasilitas inefisien
- Penuh ketidakpastian
- Pesaing belum diketahui
·
Membeli
Perusahaan yang Telah Ada
Kelebihan :
- Mengurangi resiko kerugian karena sudah terbukti mampu mendatangkan keuntungan
- Mungkin telah berada di lokasi bisnis yang tepat
- Telah memiliki karyawan & pemasok yang baik
- Kapasitas produksi terpasang yang telah diketahui secara pasti
- Telah tersedianya persediaan
- Kemungkinan telah pula tesedia fasilitas kredit
- Pemilik baru dapat langsung melanjutkan operasionalisasi
bisnis tersebut
- Pemilik baru dapat melakukan penyempurnaan berdasar
pengalaman dari pemilik lama.
Kekurangan :
- Perusahaan yang dijual biasanya lemah
- Peralatan tak efisien
- Bisnis yang harganya mahal
- Sulit inovasi
·
Membeli
Waralaba / Franchising
Kelebihan :
- Mendapat pengalaman dalam
logo, nama, metode, teknik produksi,pelatihan, teknis & bantuan modal
- Penggunaan nama, merek
Kekurangan :
- Tidak mandiri
- Lebih menguntungkan franchisor
- Terdominasi
5.
Dalam
melakuakan usahanya Ciputra melakukan diversifikasi produk berupa real
estate, hospital, university, apartement, hotel, mall. Hal ini dilakukan
untuk meningkatkan profit perusahaan.
Analisis strategi yang digunakan adalah analisis SWOT dan matriks BCG yang
menggambarkan kondisi perusahaan dan posisi produk di pasar. Analisis ini
membantu perusahaan untuk tetap bertahan dalam dunia persaingan properti. Untuk
tujuan jangka pendek satu tahun kedepan Ciputra perlu melakukan pengembangan
pasar seiring dengan adanya MEA tahun2016. Selain itu Ciputra perlu melakukan
tindakan korektif terkait dengan strategi yang digunakan.
Analisis SWOT dan BCG
a. SWOT
Strenghts
|
Weakness
|
|
Faktor
Internal
|
S1 Kualitas SDM
|
W1 Pangsa pasar
|
S2 Reputasi perusahaan
|
W2 Biaya promosi dan pengiklanan
|
|
Faktor Eksternal
|
S3 Responsive terhadap selera konsumen
|
W3 Harga jual
|
S4 Joint Venture
|
W4 Suksesi
|
|
Opportunities
|
Strength Opportunities
|
Weakness Opportunities
|
O1 Perkembangan ekonomi Asia
|
Meningkatkan program CSR untuk memenangkan
konsumen dari pesaing
|
Memperluas pangsa pasar seiring dengan
permintaan pasar yg meningkat
|
O2 Pertumbuhan penduduk
|
||
O3 Tren pertumbuhan property
|
Mengembangkan unit research and development
untuk mengetahui selera konsumen seiring dengan pertumbuhan penduduk yg
beragam
|
Meningkatkan promosi di pasar internasional
|
O4 Permintaan pasar
|
||
Threats
|
Strength Threats
|
Weakness Threats
|
T1 Pesaing potensial
|
Memperkuat promosi dan memperluas pangsa pasar
melalui brand image yg dimiliki
untuk menekan pesaing potensial
|
Bekerjasama dengan bank dalam pemberian KPR
ringan
|
T2 Produk substitusi
|
||
T3 Inflasi
|
Mengembangkan SDM dengan pemberian pendidikan
yang baik agar dapat mengambil keputusan yg tepat
|
Memperkuat generasi selanjutnya dlm pengelolaan
perusahaan agar tetap dpt bersaing
|
T4 Kebijakan pemerintah
|
b. BCG
STAR
Real Estate (Perumahan)
|
QUESTION MARK
Apartemen
|
CASH COW
Hotel dan Mall
|
DOG
Universitas dan
RS Ciputra
|
Market Growth
Market Share
Star: Pertumbuhan tinggi dan pangsa pasar bisnis atau produk tinggi. Dalam
hal ini produk real estate (perumahan) merupakan
produk unggulan yang pertumbuhannya terus meningkat dan memiliki pangsa pasar
yang luas.
Question Mark: Pangsa pasar rendah namun pertumbuhannya
tinggi. Dalam hal ini produk apartemen merupakan produk yang masih dapat
berkembang. Untuk itu perlu dilakukan upaya-upaya untuk meningkatkan level
produk menjadi Star.
Cash Cow: Pertumbuhan yang rendah dengan pangsa pasar bisnis yang
tinggi.Meskipun pangsa pasar Ciputra tinggi, namun salah satu produknya
yaitu hotel mengalami pertumbuhan yang masih rendah.
Dog: Pertumbuhan rendah dan pangsa pasarnya juga rendah. Pertumbuhan produk
Ciputra berupa universitas dan rumah sakit masih terbilang rendah, begitu juga
dengan pangsa pasarnya.
s
Manfaat analisis SWOT
adalah untuk menganalisis dan mengetahui faktor-faktor internal perusahaan
(kekuatan dan kelemahan) dan faktor-faktor eksternal perusahaan (peluang dan
ancaman) yang bisa digunakan untuk menetapkan strategi apa yang sebaiknya
digunakan.
Manfaat analisis matrik BCG
adalah untuk mengetahui kondisi pangsa pasar dan pertumbuhan produk berada pada
level apa. Setelah itu dapat dilakukan upaya yang tepat untuk mengubah produk
yang masih bisa berkembang ke level yang lebih baik agar tidak “hilang” dari
pasar.
6.
Menjual
properti memang tidak akan semudah menjual harta bergerak. Tingkat kenaikan
yang mengalami perubahan setiap tahunnya, menjadikan para penjual properti
terkadang bingung menentukan harga yang pantas untuk properti mereka.
Menentukan harga tanah dan properti bisa
dilakukan dengan berbagai cara. Selain menentukan harga berdasarkan NJOP, ada
beberapa cara lain untuk menentukan harga properti.
Berikut beberapa
cara harga jual sebagai strategi Ir. Ciputra, seperti dilansir dari laman ciputra entrepreneurship :
1.
Melakukan
survei pada lingkungan sekitar untuk mencari pembanding, apakah ada rumah
sejenis yang ditawarkan di sekitar rumah yang akan dijual. Lihat harga jualnya
sebagai pembanding.
2.
Dari
harga penawaran yang dilakukan di rumah pembanding, lakukan penyesuaian
terhadap rumah yang akan dijual. Perbandingan bisa dilihat dari beberapa poin,
seperti luas tanah dan bangunan, legalitas, karakteristik rumah, bebas banjir
atau tidak, bentuk dan usia bangunan, dan lain-lain. Dengan demikian, akan
terlihat harga pasar untuk rumah yang akan dijual.
3.
Apabila
secara keseluruhan rumah yang akan dijual lebih baik dibanding rumah
pembanding, maka boleh ditawarkan harga lebih tinggi, begitu juga
sebaliknya.
4.
Untuk
menguji benar atau tidak harga yang telah ditetapkan, analisa harga tanah dan bangunan
secara terpisah. Misalnya, harga tanah Rp200 juta kemudian untuk bangunan
Rp200 juta, maka sebaiknya penjual menawarkan rumah dengan harga 20
persen di atas jumlah total harga tersebut. Apabila nanti terjadi
negosiasi, maka penjual bisa tetap mempertahankan harga wajar yang telah
ditentukan sebelumnya Rp 400 juta.
- Apabila penjual rumah tidak sempat melakukan survei untuk menentukan harga, sebaiknya menggunakan jasa penilai properti (appraisal). Jasa penilai properti dibutuhkan agar pembeli dan penjual bisa menemukan koridor market price.
Saat ini, PT Ciputra Development
menempati urutan ke empat dari sepuluh perusahaan properti terbesar di
Indonesia. PT Ciputra Developent bersaing dengan PT Podomoro Agung Group Tbk.
(APLN) pada posisi pertama, PT Agung Sedayu Group pada posisi kedua, dan PT
Alam Sutera Realty pada posisi ke tiga. Berikut penjelasan mengenai para
pesaing PT Ciputra Development.
1.
PT
Podomoro Agung Group Tbk. (APLN)
Perusahaan pimpinan Trihatma K Haliman
yang tercatat memiliki 24 anak usaha dengan proyek yang tersebar di Jakarta,
Bandung, Bali, Balikpapan, Makassar. Dan Karawang berada di posisi atas
perusahaan properti Indonesia saat ini. Lebih dari 50 proyek properti telah
diselesaikan oleh perseroan ini dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.
2.
PT
Agung Sedayu Group
Agung Sedayu dikenal memiliki proyek
residensial atau pengembangan lahan khusus bidang retail, komersial, perumahan,
dan apartemen. Perseroan tercatat memiliki proyek Harco Mangga Dua yang mulai
dibangun tahun 1991.
3.
PT
Alam Sutera Realty
Perusahaan dari keluarga Harjanto
Tirtohadiguno ini berdiri pada tahun 1993 dengan nama PT Adhihutama Manunggal.
Salah satu proyek pembangunan ini yang dipertimbangkan adalah kawasan terpadu
di Serpong. Alam Sutera berada di kawasan 700 hektar dan kini berada di
sejumlah proyek Mall @ Alam Sutera, Silkwood Residences, dan Alam Sutera Ofiice
Tower.
4.
PT
Lippo Karawaci Tbk
Perusahaan grup dari keluarga Riyadi ini
merupakan salah satu yang terbesar di Jakarta. Beberapa mega proyek perseroan
yang kini dalam proses penyelesaian, mulai dari St. Moritz hingga Kemang
Village. Perusahaan mencatat memiliki kapitalisasi pasar Rp 16,4 triliun di
Bursa Efek Indonesia.
KABAR BAIK!!!
BalasHapusNama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.
Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.
Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.
Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.
BalasHapusSaya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.
Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.
saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp35 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.
Pembayaran yang fleksibel,
Suku bunga rendah,
Layanan berkualitas,
Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan
Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)
Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)