Rabu, 11 Januari 2017

Analisis Ir. Ciputra - Tugas Kewirausahaan



ANALISIS
IR. CIPUTRA MENURUT SAYA


http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/4/43/Logo_atmajaya.gif



Disusun Oleh:

Nama                       : Maria Gabriela
NIM                          : 2013-012-459
Studi                        : Kewirausahaan Sie B
Kode Mata Kuliah  : ECA 470


UNIVERSITAS KATOLIK INDONESIA ATMAJAYA JAKARTA
FAKULTAS EKONOMI
AKUNTANSI
Hasil Analisis
1.    Salah satu usaha yang paling menjanjikan di masa sekarang ini adalah menjadi seorang wirausaha. Wirausha adalah orang yang pandai atau berbakat untuk mengenali produk baru, menentukan cara dan proses produksi baru, menyusun operasi pengadaan produk yang baru, memasarkannya, serta mengatur modal operasinya. Berikut akan dibahas mengenai keuntungan menjadi wirausaha.
·         Tidak terikat waktu
Menjadi seorang wirausaha tidak akan pernah terikat waktu, apa yang akan kita lakukan dan kerjakan semua tergantung dari kita sendiri. Jadi seorang wirausaha harus pintar dan pandai dalam mengelola waktu yang digunakan dalam usahanya. Memaksimalkan waktu yang sedikit dan menjadikannya keuntungan-keuntungan yang luar biasa. Ingat walaupun tidak terikat waktu tapi harus tetap pandai mengelola waktu usaha.

·         Memiliki kebebasan mencapai tujuan usahanya
Kebebasan adalah hal yang sangat bernilai bagi seseorang, di mana orang tersebut dapat melakukan apapun yang diinginkannya tanpa ada yang menghalangi. Dalam konteks wirausaha, kebebasan adalah bagaimana mengelola waktu, sumber daya manusia, alat dan bahan serta tujuan yang ingin dicapai dalam usaha sesuka hatinya. Tapi dalam kebebasan tersebut tetap ada batasan-batasan yang masuk akal atau dapat dilogika. Yang tidak boleh dilupakan dalam kebebasan usaha adalah tidak sewenag-wenang mengatur karyawan.

·         Bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru dan membantu orang lain
Dengan mendirikan sebuah usaha ini berarti wirausahawan memberikan peluang kepada masyarakat untuk mendapatkan kesempatan kerja pada usaha yang diciptakannya. Hal ini menjadi salah satu keuntungan dalam berwirausaha, selain berwirausaha yang tidak kalah penting adalah membantu orang lain untuk memperoleh kerja dan mengurangi pengangguran di kalangan masyarakat. Banyaknya pengangguran bisa jadi membuka peluang kejahatan, karena susahnya mendapatkan uang maka pengagguran yang frustasi menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang. Sisi positif bagi wirausahawan dalam konteks ini adalah membantu mengurangi tingkat kejahatan.


·         Mendapat pengakuan dari masyarakat sekitar
Biasanya para pengusaha, walaupun masih kecil sekalipun sering kali mendapatkan peran yang sangat strategis di dalam kehidupan sosial masyarakat pada lingkungannya. Hal ini disebabkan banyak dari wirausahawan menjadi sukses karena usaha yang dilakukannya secara terus menerus sehingga bisa berhasil dengan memuaskan. Melalui proses-proses yang sangat sulit, rumit, dan panjang akan membentuk sebuah karakter dan dipandang baik oleh masyarakat sekitar.

·         Memiliki kesempatan menunjukan kemampuan dan potensi diri
Dengan memiliki sebuah usaha, wirausahawan dapat menyampaikan pikiran dan perilaku mereka sendiri. Hal ini berarti memberikan kekuasaan pada dirinya secara penuh. Seorang wirausahawan biasanya merupakan seorang yang sukses, membangun usaha dari awal sampai menjadi besar dan sukses. Proses berat yang dialami bisa ditunjukan kepada masyarakat, atau dengan kata lain memberikan contoh dan motivasi kepada masyarakat sekitar.

·         Memperoleh manfaat dan laba yang maksimal
Menjadi wirausahawan memiliki kebebasan untuk menentukan sendiri keuntungan atas investasi dalam usahanya. Untung yang didapat seberapapun hasilnya bisa digunakan dan diambil sesuka hati tanpa harus membagi dengan orang lain. Inilah salah satu kelebuhan berwirausaha, bebas memperoleh dan menentukan laba. Tapi ada hal yang juga perlu diingat, jika ingin usaha maju maka harus bisa menyisihkan laba dan dijadikan sebagai tambahan modal supaya usaha bisa semakin berkembang.
Dengan kata lain terdapat beberapa keuntungan menjadi seorang wirausahawan, seperti Tidak terikat waktu, memiliki kebebasan mencapai tujuan usahanya, bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru dan membantu orang lain, mendapat pengakuan dari masyarakat sekitar, memiliki kesempatan menunjukan kemampuan dan potensi diri, memperoleh manfaat dan laba yang maksimal.

Bisnis properti merupakan jenis bisnis yang menjualkan, menawarkan, menyewakan atau menginvestasikan suatu properti. Contoh properti ialah rumah, tanah, bangunan, rumah kontrakan, kost dan semua yang berhubungan dengan bangunan. Usaha yang satu ini memiliki prospek yang cukup cemerlang dan tergolong bisnis yang tidak pernah mati mengingat kebutuhan manusia akan tempat tinggal terus bertambah.
Sehingga tak heran apabila banyak orang yang terjun ke usaha bidang properti ini. Berikut ini akan dipaparkan beberapa keuntungan bisnis properti.
a)    Properti adalah produk investasi yang jumlahnya terbatas
b)    Kontrol pasar ada ditangan pemilik properti
Dengan investasi properti, anda sendiri yang menentukan investasi mana yang akan anda beli, bagaimana anda akan menghasilkan dari property ini, berapa target hasil anda atau langkah apa yang akan anda lakukan untuk meningkatkan harga jual. Selain itu, properti juga bisa menghasilkan uang tanpa kita harus menjualnya, misal dengan menyewakan atau melakukan refinancing (pendanaan ulang) terhadapnya.
c)    Properti terlindung dari inflasi
Secara umum, salah satu resiko terbesar dari dunia investasi adalah pergerakan harga yang seringkali bergelombang. Tetapi di bisnis investasi ini, kecenderungan pergerakan harga property terus meningkat. Kenaikannya memang kecil, namun stabil.
d)    Langsung dapat untung saat membeli properti
Misal harga pasaran rumah 200 juta dibeli 150 juta jauh dibawah harga pasar, maka kita langsung dapat untung dari selisih harga tersebut.
e)    Harga properti bisa dinaikkan dengan modal relatif kecil
Contohnya dengan mengecat ulang, memugar pagar sehingga kelihatan lebih baru sehingga daya tariknya lebih tinggi.
f)     Mendapat 2 keuntungan yaitu capital gain dan cashflow
Capital gain yaitu selisih antara harga saat jual sekarang dengan harga saat kita membeli, sedangkan cashflow adalah penghasilan yang dihasilkan dari aset tersebut.
Selain itu, kalau di dalam investasi saham Anda hanya akan mengenal satu cara untuk mendapatkan hasil dengan menjualnya di harga yang lebih tinggi, sedangkan dalam dunia properti Anda bisa mendapatkan dua jalur penghasilan. Pertama dengan cara konvensional, yaitu menjuualnya di harga yang lebih tinggi. Kedua, dengan menyewakannya. Adanya kedua hal ini memiliki kemampuan lebih untuk kemampuan leverage dari modal. Karena dengan adanya uang sewa yang masuk dapat digunakan untuk menutupi biaya perawatan.


g)    Mendapat uang tanpa kita menjual properti tersebut
Hal ini bisa dilakukan dengan menyewakan properti tersebut ataupun menjadikannya tempat usaha.
h)    Tidak menyita banyak waktu
Keuntungan lainnya yakni kebebasan yang anda dapatkan. Bisnis properti merupakan bisnis sampingan sehingga anda tidak harus setiap hari menjalankannya. Misal kita punya rumah sewaan atau kost, dengan ditinggal jalan-jalan ke luar negeri pun keuntungan dari biaya sewa tetap kita terima.
i)      Nilai properti naik terus secara konsisten
Nilai atau harga jual/sewa suatu properti akan terus naik setiap tahunnya, hal ini berbeda dengan investasi lain yang sewaktu-waktu bisa turun naik. Hal ini sangat wajar mengingat letak properti yang strategis banyak di cari orang. Sebagai contoh, tanah yang ada di pinggir jalan raya memiliki harga yang terus meroket. Tentunya meskipun anda hanya sebagai penghubung antara pembeli dan penjual, anda akan mendapatkan komisi yang selalu bertambah setiap tahunnya.
j)      Properti bisa menghemat pajak pendapatan
k)    Investasi properti sangat disukai oleh Bank
l)      Orang-orang kaya diseluruh dunia banyak yang berinvestasi di bidang properti
2.    Tokoh entrepreneur Indonesia Dr. Ir. Ciputra memberikan sedikit pemaparan mengenai betapa pentingnya inovasi dalam mengembangkan bisnis.
"Inovasi akan membuka mata. Inovasi tidak akan membuat konsumen Anda mengatakan tidak. Inovasi juga tidak akan membuat rekan bisnis Anda mengatakan tidak. Dan bahkan inovasi tidak bisa membuat pemerintah menolaknya," ujar Ciputra usai menerima penghargaan Asian Council for Small Business (ACSB) 2016 Awards untuk kategori Best Entrepreneur of the Year.
Dr. Ir. Ciputra mengatakan bahwa inovasi muncul berkat adanya kreativitas dan kreativitas merupakan suatu keharusan untuk meningkatkan strategi. Sehingga, inovasi menjadi kunci bagi Anda untuk menaikkan derajat dan itu ada di dalam diri Anda sendiri. Dr. Ir. Ciputra selalu berinovasi atas berbagai macam bisnis yang dilakukannya, khususnya di bidang properti. Sebuah produk inovatif memberikan nilai tambah yang paling maksimal hingga konsumen tidak mampu menolaknya. Karenanya ia selalu memverifikasi asumsi-asumsi yang ada, melakukan uji pasar dan memperbarui ide terus menerus hingga yakin bahwa pelanggan tidak sanggup mengatakan tidak kepada kita ia menawarkan produk. Selain itu, Dr. Ir. Ciputra juga melayani pasar secara kreatif, memenangkan persaingan secara efektif, dan lain sebagainya.
Penghargaan ACBS Best Entrepreneur  diberikan kepada sosok entrepreneur luar biasa yang  membuat kontribusi signifikan pada pengembangan ekonomi dan sosial pada sebuah komunitas. Pemilihan Ciputra sendiri dinilai atas jasa-jasanya sebagai seorang entreprenuer selama ini dan telah menginspirasi kaum muda dengan gaya kemimpinannya yang unik.
Kepemimpinan adalah kemampuan yang sanggup meyakinkan orang lain supaya bekerjasama dibawah pimpinannya sebagai suatu tim untuk mencapai tujuan tertentu. Cara alamiah mempelajari kepemimpinan adalah ‘melakukannya dalam kerja’ dengan praktik seperti pemagangan pada seorang seniman ahli, pengrajin, atau praktisi. Dalam hubungan ini sang akhil diharapkan sebagai bagian dari perannya memberikan pengajaran/intruksi.
Kebanyakan orang masih cenderung mengatakan bahwa pemimpin yang efektif mempunyai sifat atau ciri-ciri tertentu yang sangat penting misalnya karisma, pandangan ke depan, daya persuasi, dan intensitas. Dan memang, apabila kita berpikir tentang pemimpin yang heroic, kita harus mengakui bahwa sifat-sifat seperti itu melekat pada diri mereka dan telah mereka manfaatkan untuk mencapai tujuan yang mereka inginkan.
Dan hal – hal seperti itu pula yang melekat pada pria hebat, yakni Ir. Ciputra . Keseluruhan pendidikan masa remaja Dr. Ir. Ciputra memang merupakan gabungan dari pendidikan yang akademis dan juga non akademis, di dalam kelas dan juga di luar kelas. Inilah yang dapat disebut sebagai sekolah kehidupan yang membuat seseorang tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan utuh. Oleh karena itu tidak heran bila saat ini ia berpendapat bahwa pendidikan yang baik adalah pendidikan yang membangun manusia seutuhnya dan beberapa cirinya adalah membangun moral, mendorong kreativitas dan mendidik karakter-karakter mandiri siswa-siswinya.
Apabila mengacu pada penggolongan teori organisasi mengenai kepemimpinan dalam organisasi, Ir Ciputra termasuk ke dalam teori sifat dan dan perilaku karena beliau apa yang beliau dapatkan sekarang adalah hasil dari segala kerja keras dan semua itu terbentuk ketika beliau berkeinginan untuk mendapatkan hidup yang lebih baik.
Banyak hal yang bisa kita pelajari dari gaya kepemimpinan ala entrepreneur Ir. Ciputra, diantaranya :
1. Bersahaja
Kepemimpinan adalah keteladanan. Meskipun Ir. Ciputra telah merakit kesuksesan besar dalam hidupnya, beliau tetap rendah hati dan bersahaja. Sangat menarik apabila dikaitkan dengan sebelumnya mengenai hasil penelitian Jim Collins, bahwa para CEO terbaik di dunia memiliki sifat-sifat tersebut: bersahaja, rendah hati, pemalu, tidak ingin menonjolkan diri.
2. Tidak Percaya dengan Kegagalan
Sekali mengambil keputusan, maka tidak boleh ada istilah gagal. Beliau bukannya abai terhadap resiko kegagalan, namun kegagalan itu merupakan satu paket suatu keputusan.
Mindset berpikir seorang pemimpin sangat penting karena pengaruhnya dapat menular hebat ke seluruh elemen perusahaan. Gaya kepemimpinan Ciputra menebarkan rasa percaya diri yang sangat dalam kepada semua karyawannya.
3. Learning Spirit Karyawan
Dalam gaya kepemimpinan Ciputra, kualitas karyawan mendapat perhatian besar. Learning spirit adalah cambuk yang dapat melecut kualitas. Learning Spirit yang terus menerus mengalun dalam jiwa secara otomatis akan berkontribusi minimal kepada dua hal. Pertama, adanya peningkatan keahlian di bidang teknis. Kedua, adanya peningkatan kapasitas moral.
Dengan adanya peningkatan di kedua hal tersebut, mutu perusahaan adalah sesuatu yang niscaya. Seperti pernah dikatakan Jim Collins, bisnis terpenting seorang pengusaha sesungguhnya adalah mencari, mengelola, membentuk talenta-talenta bagi pencapaian  suatu perusahaan ataupun institusi. Jika Anda ingin membesarkan perusahaan, pertama-tama yang perlu Anda pikirkan adalah sumber dayanya. Bukan yang lain.
Faktor – faktor yang mempengaruhi kepemimpinan Ir. Ciputra adalah faktor personal dan dan faktor situasi kondisi. Ir. Ciputra mempunyai tekad yang kuat untuk mewujud kan cita – cita nya serta keberanian dan kegigihan nya seperti pada awal mula membangun bisnis nya dia berani untuk menemui gubernur Jakarta pada era itu untuk mengajukan proposal pembangunan pasar senen.
3.    Di dalam teori persaingan kita mengenal ada suatu teori dari Michael Porter yang sangat terkenal pada saat menganalisis persaingan atau competition analysis. Teori tersebut sangat terkenal dengan istilah Porter Five Forces Model. Intinya sebenarnya Porter menilai bahwa perusahaan secara nyata tidak hanya bersaing dengan perusahaan yang ada dalam industri saat ini. Analisis yang biasa digunakan sebuah perusahaan adalah siapa pesaing langsung perusahaan tersebut dan akhirnya mereka terjebak dalam ”competitor oriented ”, sehingga tidak mempunyai visi pasar yang jelas. Dalam five forces model digambarkan bahwa kita juga bersaing dengan pesaing potensial kita, yaitu mereka yang akan masuk, para pemasok atau suplier, para pembeli atau konsumen, dan produsen produk-produk pengganti. Dengan demikian, kita harus mengetahui bahwa ada lima kekuatan yg menentukan karakteristik suatu industri, yaitu :
1)     Intensitas persaingan antar pemain yang ada saat ini
2)     Ancaman masuk pendatang baru
3)     Kekuatan tawar menawar pemasok
4)     Kekuatan tawar pembeli
5)     Ancaman produk pengganti
Kekuatan pertama yang biasanya menjadi fokus para pemasar adalah masalah persaingan antar pemain dalam industri. Biasanya intensitas persaingan itu dipengaruhi banyak faktor, misalnya struktur biaya produk. Misalkan semakin besar porsi biaya tetap dalam struktur biaya, maka semakin tinggi intensitas persaingan. Hal ini disebabkan, setiap penjual memiliki tingkat break even point yang tinggi sehingga pada umumnya harus menjual produk dalam jumlah yang besar, dan bila perlu dilakukan “banting harga” agar bisa mencapai tingkat break even tersebut.
Kedua, ancaman masuk dari pendatang baru, kekuatan ini biasanya dipengaruhi oleh besar kecilnya hambatan masuk ke dalam industri. Hambatan masuk kedalam industri itu contohnya antara lain: besarnya biaya investasi yang dibutuhkan, perijinan, akses terhadap bahan mentah, akses terhadap saluran distribusi, ekuitas merek dan masih banyak lagi. Biasanya semakin tinggi hambatan masuk, semakin rendah ancaman yg masuk dari pendatang baru.
Ketiga adalah kekuatan tawar pemasok atau supplier. Biasanya sedikit jumlah pemasok, semakin penting produk yang dipasok, dan semakin kuat posisi tawarnya. Demikian juga dengan kekuatan keempat yaitu kekuatan tawar pembeli, dimana kita bisa melihat bahwa semakin besar pembelian, semakin banyak pilihan yang tersedia bagi pembeli dan pada umumnya akan membuat posisi pembeli semakin kuat. Kekuatan yang terakhir adalah soal produk – produk substitusi, seberapa banyak produk substitusi di pasar. Ketersedian produk substitusi yg banyak akan membatasi keleluasaan pemain dalam industri untuk menentukan harga jual produk.
Faktor Eksternal
Kelima kekuatan bersaing menurut Porter diatas dapat dikategorikan sebagai faktor eksternal. Definisi dari faktor eksternal perusahaan itu sendiri adalah lingkungan bisnis yang melengkapi operasi perusahaan yang memunculkan peluang dan ancaman.  Faktor ini mencakup lingkungan industri dan lingkungan bisnis makro, yang membentuk keadaan dalam organisasi dimana organisasi ini hidup. Elemen-elemen dari Faktor eksternal tersebut adalah pemegang saham, pemerintah, pemasok, komunitas lokal, pesaing, pelanggan, kreditur, serikat buruh, kelompok kepentingan khusus, dan asosiasi perdagangan.  Lingkungan kerja perusahaan umumnya adalah industri dimana perusahaan dioperasikan.
Lingkungan bisnis makro atau lingkungan sosial terdiri dari kekuatan umum yang tidak berhubungan langsung dengan aktivitas-aktivitas jangka pendek organisasi tetapi dapat dan sering mempengaruhi keputusan-keputusan jangka panjang.  Perusahaan - perusahaan besar membagi lingkungan sosial dalam satu wilayah geografis menjadi empat kategori, terdiri dari faktor ekonomi, sosiokultural, teknologi dan politik-hukum dalam hubungannya dengan lingkungan perusahaan secara keseluruhan.
Sehingga apabila dilihat dari penjelasan mengenai definisi Faktor Eksternal perusahaan dikaitkan dengan 5 kekuatan bersaing M. Porter, maka 5 kekuatan bersaing Porter merupakan faktor eksternal. Penjelasan lebih lanjut menganai analisis faktor eksternal adalah faktor ini dibagi menjadi dua, yakni peluang (opportunities) dan ancaman (threats). Ancaman adalah suatu kondisi dalam lingkungan umum yang dapat menghambat usaha-usaha perusahaan untuk mencapai daya saing strategis. Sedangkan peluang adalah kondisi dalam lingkungan umum yang dapat membantu perusahaan mencapai daya saing strategis.

Berikut adalah penerapan teori five forces Michael Porter pada perusahaan Ir. Ciputra.
1)  Intensitas persaingan antar pemain yang ada saat ini
 Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa hal yang dilakukan Ir. Ciputra, yakni:
-       Pada tahun 1998 – 2004, Ir. Ciputra melakukan restrukturisasi hutang, penjadwalan kembali (rescheduling), konversi hutang menjadi obligasi, konversi hutang menjadi ekuitas modal dan penyelesaian hutang dengan aset.

-       Joint Operation
Sejak 2001 Ciputra memulai proyek kerjasama untuk ekspansi mengembangkan kawasan hunian mandiri dan superblock. Ekspansi tersebut dilakukan sampai ke luar jawa.
-       Restructure Organization
Hal ini dilakukan dengan membenahi struktur organisasi dipangkas menjadi lima lapis komunikasi dan punya kualitas SDM yang handal.
-       Human Resource
Ciputra mempunyai program SDM unggul membangun, yaitu dengan mengedepankan kualitas sumber daya manusia yang unggul dalam setiap proyek pembangunan.
-       Ciputra group menerapkan budaya kerja berkualitas dan unggul, sehingga setiap karyawan tetap produktif dan melakukan pelatihan dan pengembangan SDM agar skill, knowledge and mindset karyawan terus diperbaiki, meningkatkan kesejahteraan karyawan dan mempertahankan lingkungan kerja yang sehat.
-       Reputasi perusahaan
Brand image Ciputra sudah dikenal luas oleh masyarakat sehingga lebih mudah dalam mengenalkan produk pada konsumen.

2)  Ancaman masuk pendatang baru
 Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa hal yang dilakukan Ir. Ciputra, yakni:
-       Partnership
Ciputra menerapkan pola kemitraan yaitu dengan menggandeng siapa saja yang memiliki saham.

-       Expansion
Ciputra melakukan ekspansi hingga keluar negeri khususnya bermitra dengan pengusaha lokal di Vietnam, Kamboja, India, dan China.

-       Menganggarkan dana Rp. 1 triliun untuk membangun proyek kota baru di Hanoi Vietnam, Phnom Penh, Kamboja, dan Shenyang China.

3)  Kekuatan tawar menawar pemasok
Usaha properti milik Ir. Ciputra menggunakan bahan bangunan yang masih diimpor dari luar negeri, sehingga bergantung pada produsen luar negeri. Hal ini yang mebuat daya tawar perusahaan properti Indonesia khususnya bisnis properti milik Ir. Ciputra cukup lemah, karena pemasoknya terdiri dari banyak perusahaan luar. Akan tetapi jika terjadi fluktuasi dan pelemahan nilai tukar mata uang dalam negeri, hal ini yang menjadi bumerang terhadap perusahaan yang bergerak di bidang properti, seperti bisnis properti Ir. Ciputra.

4)  Kekuatan tawar pembeli
 Jumlah peminat properti dari tahun ke tahun mengalami  peningkatan, Peminat properti di Indonesia pada umumnya tidak mempunyai daya tawar yang cukup kuat terhadap jasa properti. Jadi melihat hal tersebut jelas potensi penjualan properti cukup besar dan meningkat dari tahun ke tahun, apalagi di Indonesia banyak potensi peminat properti yang belum digarap.
5)  Ancaman produk pengganti
   Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa hal yang dilakukan Ir. Ciputra, yakni:
-       Eco-product, yaitu program peningkatan mutu pembangunan yang ramah lingkungan, menghasilkan produk unggul dan inovasi berkelanjutan meningkatkan kepuasan konsumen dan efisiensi.
-       Responsif terhadap selera konsumen. Ciputra memiliki unit riset dan pengembangan yang selalu bekerja untuk menganalisis perubahan selera konsumen.
Selain hal di atas, ada beberapa peluang dan juga ancaman yang dihadapi Ir. Ciputra sebagai berikut.
Peluang : 
a.    Perkembangan ekonomi Asia
Meskipun China sebagi pusat ekonomi Asia sedang mengalami kondisi perekonomian yang sedang kurang baik, tetapi hal ini tidak berpengaruh besar terhadap Hongkong yang menjadi Negara tujuan ekspansi Ciputra saat ini. 
b.    Pertumbuhan penduduk
Meningkatnya jumlah penduduk mengindikasikan bahwa kebutuhan hunian semakin meningkat.
c.     Tren pertumbuhan properti
Tren pertumbuhan properti terus mengalami peningkatan, ini berarti memungkinkan industri properti untuk terus maju dan berkembang dalam menghadirkan hunian yang berkualitas.
d.    Demand / permintaan pasar. Meningkatnya kebutuhan akan hunian merupakan suatu peluang.
Ancaman :
a.    Pesaing Potensial
Melihat besarnya minat dan permintaan akan hunian memungkinkan munculnya pesaing potensial yang dapat mengancam keberadaan perusahaan.
b.    Produk Subtitusi
Produk substitusi berupa apartemen dari produk pesaing dapat mengancam usaha inti dari Ciputra yaitu perumahan, karena dapat mengalihkan minat konsumen. 
c.     Inflasi
Adanya inflasi akan mengurangi minat masyarakat untuk membeli hunian, Karena mereka akan cenderung mengutamakan kebutuhan prioritasnya. 
d.    Kebijakan Pemerintah
Adanya batasan dalam pembukaan lahan akan membatasi peluang Ciputra untuk mendirikan proyek baru.  


4.   a) Dari sekian banyak bisnis yang dimiliki oleh Ir. Ciputra cara memulai bisnis yang paling sering dilakukannya adalah dengan memulai usaha dari nol. Akan tetapi, ia pun pernah memluai bisnis dengan membeli perusahaan yang telah beroperasi maupun membeli waralaba. Berikut penjelasannya.

Bisnis Dr. Ir. Ciputra yang dimulai dari awal
Karya-karya besar Ciputra begitu beragam, karena hampir semua subsektor properti dijamahnya. Ia kini mengendalikan 5 kelompok usaha Jaya, Metropolitan, Pondok Indah, Bumi Serpong Damai, dan Ciputra Development yang masing-masing memiliki bisnis inti di sektor properti. Proyek kota barunya kini berjumlah 11 buah tersebar di Jabotabek, Surabaya, dan di Vietnam. Proyek - proyek properti komersialnya, juga sangat berkelas dan menjadi trend setter di bidangnya. Lebih dari itu, proyek - proyeknya juga menjadi magnit bagi pertumbuhan wilayah di sekitarnya.

Perjalanan bisnis Ciputra dirintis sejak masih menjadi mahasiswa arsitektur Institut Teknologi Bandung. Bersama Ismail Sofyan dan Budi Brasali, teman kuliahnya, sekitar tahun 1957 Ciputra mendirikan PT Daya Cipta. Biro arsitek milik ketiga mahasiswa tersebut, sudah memperoleh kontrak pekerjaan lumayan untuk masa itu, dibandingkan perusahaan sejenis lainnya. Proyek yang mereka tangani antara lain gedung bertingkat sebuah bank di Banda Aceh. Tahun 1960 Ciputra bertekad untuk ke Jakarta. Dengan bendera PT Perentjaja Djaja IPD, proyek bergengsi yang ditembak Ciputra adalah pembangunan pusat berbelanjaan di Kawasan Senen. Dengan berbagai cara, Ciputra berusaha menemui Gubernur Jakarta ketika itu, Dr. R. Soemarno, untuk menawarkan proposalnya. Pertemuan dengan Soemarno kemudian ditindak lanjuti dengan mendirikan PT Pembangunan Jaya.

Setelah pusat perbelanjaan Senen, proyek monumental Ciputra di Jaya selanjutnya adalah Taman Impian Jaya Ancol dan Bintaro Jay. Melalui perusahaan yang 40% sahamnya dimiliki Pemda DKI inilah Ciputra menunjukkan kelasnya sebagai entrepreuneur sekaligus profesional yang handal dalam menghimpun sumber daya yang ada menjadi kekuatan bisnis raksasa. Grup Jaya yang didirikan tahun 1961 dengan modal Rp. 10 juta, kini memiliki total aset sekitar Rp. 5 trilyun. Dengan didukung kemampuan lobinya, Ciputra secara bertahap juga mengembangkan jaringan perusahaannya di luar Jaya, yakni Grup Metropolitan, Grup Pondok Indah, Grup Bumi Serpong Damai, dan yang terakhir adalah Grup Ciputra.

Ciputra memiliki saham di lima kelompok usaha (Grup Jaya, Grup Metropolitan, Grup Pondoh Indah, Grup Bumi Serpong Damai, dan Grup Ciputra). Dari Kelima kelompok usaha itu, Ciputra tidak menutupi bahwa sebenarnya ia meletakkan loyalitasnya yang pertama kepada Jaya. Pertama, karena ia hampir identik dengan Jaya. Kedua, adalah kenyataan bahwa setelah Pemda DKI, Ciputra adalah pemegang saham terbesar di Jaya.

PT Metropolitan Development adalah perusahaannya yang ia bentuk tahun 1970 bersama Ismail Sofyan, Budi Brasali, dan beberapa mitra lainnya.

Bisnis Dr. Ir. Ciputra dengan membeli perusahaan yang telah beroperasi
Kelompok usaha Ciputra ketiga adalah Grup Pondok Indah (PT Metropolitan Kencana) yang merupakan usaha patungan antara PT Metropolitan Development dan PT Waringin Kencana milik Sudwikatmono dan Sudono Salim. Grup ini antara lain mengembangkan Perumahan Pondok Indah dan Pantai Indah Kapuk. Kelompok usaha yang keempat adalah PT Bumi Serpong Damai, yang didirikan awal tahun 1980-an. Perusahaan ini merupakan konsorsium 10 pengusaha terkemuka yang mengembangkan proyek Kota Mandiri Bumi Serpong Damai, proyek jalan tol BSD – Bintaro Pondok Indah, dan lapangan golf Damai Indah Golf.

Grup Ciputra adalah kelompok usahanya yang Kelima. Grup usaha ini berawal dari PT Citra Habitat Indonesia, yang pada awal tahun 1990 diakuisisi seluruh sahamnya dan namanya diubah menjadi Ciputra Development (CD). Pertumbuhan Ciputra Development belakangan terasa menonjol dibandingkan keempat kelompok usaha Ciputra lainnya. Dengan usia paling muda, Ciputra Development justru yang pertama go public di pasar modal pada Maret 1994. Baru beberapa bulan kemudian Jaya Real properti menyusul. CD kini memiliki 4 proyek skala luas: Perumahan Citra 455 Ha, Citraraya Kota Nuansa Seni di Tangerang seluas 1.000 Ha, Citraraya Surabaya 1.000 Ha, dan Citra Indah Jonggol. 1.000 Ha. Belum lagi proyek-proyek hotel dan mal yang dikembangkannya, seperti Hotel dan Mal Ciputra, serta super blok seluas 14,5 hektar di Kuningan Jakarta. Grup Ciputra juga mengembangkan Citra Westlake City seluas 400 hektar di Ho Chi Minh City, Vietnam. Pembangunannya diproyeksikan selama 30 tahun dengan total investasi US$2,5 miliar.

Bisnis Dr. Ir. Ciputra dengan membeli waralaba
Selain itu, CD juga menerjuni bisnis keuangan melalui Bank Ciputra, dan bisnis broker melalui waralaba Century 21. Sejak beberapa tahun lalu, Ciputra menyatakan Kelima grup usahanya – terutama untuk proyek-proyek propertinya – ke dalam sebuah aliansi pemasaran.

b) Dari berbagai cara untuk memulai bisnis yang ada, yakni memulai dari awal, membeli perusahaan yang telah ada, dan membeli waralaba / franchise, saya akan menggunakan ketgia cara tersebut karena masing – masing cara memiliki kelebihan dan kelemahan sebagai berikut.
·         Merintis Usaha Baru
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merintis usaha baru antara lain:
1. Bidang dan jenis usaha yang akan dimasuki / dipilih.
2. Bentuk usaha dan bentuk kepemilikannya.
3. Tempat usaha yang akan dipilih.
4. Organisasi usaha yang akan digunakan.
5. Jaminan usaha yang mungkin diperoleh.
6. Lingkungan usaha yang akan berpengaruh.

Kelebihan:
-          Gagasan murni
-          Bebas beroperasi
-          Fleksibel dan mudah pengaturannya

Kekurangan:
-          Pengakuan nama kurang / belum terkenal
-          Fasilitas inefisien
-          Penuh ketidakpastian
-          Pesaing belum diketahui

·         Membeli Perusahaan yang Telah Ada
Kelebihan :
-       Mengurangi resiko kerugian karena sudah terbukti mampu mendatangkan keuntungan
-       Mungkin telah berada di lokasi bisnis yang tepat
-       Telah memiliki karyawan & pemasok yang baik
-       Kapasitas produksi terpasang yang telah diketahui secara pasti
-       Telah tersedianya persediaan
-       Kemungkinan telah pula tesedia fasilitas kredit
-       Pemilik baru dapat langsung melanjutkan operasionalisasi bisnis tersebut
-       Pemilik baru dapat melakukan penyempurnaan berdasar pengalaman dari pemilik lama.
Kekurangan :
-     Perusahaan yang dijual biasanya lemah
-     Peralatan tak efisien
-     Bisnis yang harganya mahal
-     Sulit inovasi

·         Membeli Waralaba / Franchising
Kelebihan :
-    Mendapat pengalaman dalam logo, nama, metode, teknik produksi,pelatihan, teknis & bantuan modal
-     Penggunaan nama, merek


Kekurangan :
-     Tidak mandiri
-     Lebih menguntungkan franchisor
-     Terdominasi

5.    Dalam melakuakan usahanya Ciputra melakukan diversifikasi produk berupa real estate, hospital, university, apartement, hotel, mall. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan profit perusahaan. Analisis strategi yang digunakan adalah analisis SWOT dan matriks BCG yang menggambarkan kondisi perusahaan dan posisi produk di pasar. Analisis ini membantu perusahaan untuk tetap bertahan dalam dunia persaingan properti. Untuk tujuan jangka pendek satu tahun kedepan Ciputra perlu melakukan pengembangan pasar seiring dengan adanya MEA tahun2016. Selain itu Ciputra perlu melakukan tindakan korektif terkait dengan strategi yang digunakan.

Analisis SWOT dan BCG
a. SWOT


Strenghts
Weakness
Faktor Internal
S1 Kualitas SDM
W1 Pangsa pasar

S2 Reputasi perusahaan
W2 Biaya promosi dan pengiklanan
Faktor Eksternal
S3 Responsive terhadap selera konsumen
W3 Harga jual

S4 Joint Venture
W4 Suksesi
Opportunities
Strength Opportunities
Weakness Opportunities
O1 Perkembangan ekonomi Asia
Meningkatkan program CSR untuk memenangkan konsumen dari pesaing
 Memperluas pangsa pasar seiring dengan permintaan pasar yg meningkat
O2 Pertumbuhan penduduk
O3 Tren pertumbuhan property
Mengembangkan unit research and development untuk mengetahui selera konsumen seiring dengan pertumbuhan penduduk yg beragam
 Meningkatkan promosi di pasar internasional
O4 Permintaan pasar
Threats
Strength Threats
Weakness Threats
T1 Pesaing potensial
Memperkuat promosi dan memperluas pangsa pasar melalui brand image yg dimiliki untuk menekan pesaing potensial
Bekerjasama dengan bank dalam pemberian KPR ringan
T2 Produk substitusi
T3 Inflasi
Mengembangkan SDM dengan pemberian pendidikan yang baik agar dapat mengambil keputusan yg tepat
Memperkuat generasi selanjutnya dlm pengelolaan perusahaan agar tetap dpt bersaing
T4 Kebijakan pemerintah

b. BCG 

 STAR
Real Estate (Perumahan)
 QUESTION MARK
Apartemen
 CASH COW
Hotel dan Mall
 DOG
Universitas dan
RS Ciputra



     Market Growth




Market Share


Star: Pertumbuhan tinggi dan pangsa pasar bisnis atau produk tinggi. Dalam hal ini produk real estate (perumahan) merupakan produk unggulan yang pertumbuhannya terus meningkat dan memiliki pangsa pasar yang luas. 

Question Mark: Pangsa pasar rendah namun pertumbuhannya tinggi. Dalam hal ini produk apartemen merupakan produk yang masih dapat berkembang. Untuk itu perlu dilakukan upaya-upaya untuk meningkatkan level produk menjadi Star.

Cash Cow: Pertumbuhan yang rendah dengan pangsa pasar bisnis yang tinggi.Meskipun  pangsa pasar Ciputra tinggi, namun salah satu produknya yaitu hotel mengalami pertumbuhan yang masih rendah.

Dog: Pertumbuhan rendah dan pangsa pasarnya juga rendah. Pertumbuhan produk Ciputra berupa universitas dan rumah sakit masih terbilang rendah, begitu juga dengan pangsa pasarnya.

s
Manfaat analisis SWOT adalah untuk menganalisis dan mengetahui faktor-faktor internal perusahaan (kekuatan dan kelemahan) dan faktor-faktor eksternal perusahaan (peluang dan ancaman) yang bisa digunakan untuk menetapkan strategi apa yang sebaiknya digunakan. 
Manfaat analisis matrik BCG adalah untuk mengetahui kondisi pangsa pasar dan pertumbuhan produk berada pada level apa. Setelah itu dapat dilakukan upaya yang tepat untuk mengubah produk yang masih bisa berkembang ke level yang lebih baik agar tidak “hilang” dari pasar.

6.    Menjual properti memang tidak akan semudah menjual harta bergerak. Tingkat kenaikan yang mengalami perubahan setiap tahunnya, menjadikan para penjual properti terkadang bingung menentukan harga yang pantas untuk properti mereka. 
Menentukan harga tanah dan properti bisa dilakukan dengan berbagai cara. Selain menentukan harga berdasarkan NJOP, ada beberapa cara lain untuk menentukan harga properti. 
Berikut beberapa cara harga jual sebagai strategi Ir. Ciputra, seperti dilansir dari laman ciputra entrepreneurship
1.    Melakukan survei pada lingkungan sekitar untuk mencari pembanding, apakah ada rumah sejenis yang ditawarkan di sekitar rumah yang akan dijual. Lihat harga jualnya sebagai pembanding. 
2.    Dari harga penawaran yang dilakukan di rumah pembanding, lakukan penyesuaian terhadap rumah yang akan dijual. Perbandingan bisa dilihat dari beberapa poin, seperti luas tanah dan bangunan, legalitas, karakteristik rumah, bebas banjir atau tidak, bentuk dan usia bangunan, dan lain-lain. Dengan demikian, akan terlihat harga pasar untuk rumah yang akan dijual.
3.    Apabila secara keseluruhan rumah yang akan dijual lebih baik dibanding rumah pembanding, maka boleh ditawarkan harga lebih tinggi, begitu juga sebaliknya. 
4.    Untuk menguji benar atau tidak harga yang telah ditetapkan, analisa harga tanah dan bangunan secara terpisah. Misalnya, harga tanah Rp200 juta kemudian untuk bangunan Rp200 juta, maka sebaiknya penjual menawarkan rumah dengan harga 20 persen di atas jumlah total harga tersebut. Apabila nanti terjadi negosiasi, maka penjual bisa tetap mempertahankan harga wajar yang telah ditentukan sebelumnya Rp 400 juta. 
  1. Apabila penjual rumah tidak sempat melakukan survei untuk menentukan harga, sebaiknya menggunakan jasa penilai properti (appraisal). Jasa penilai properti dibutuhkan agar pembeli dan penjual bisa menemukan koridor market price.
Saat ini, PT Ciputra Development menempati urutan ke empat dari sepuluh perusahaan properti terbesar di Indonesia. PT Ciputra Developent bersaing dengan PT Podomoro Agung Group Tbk. (APLN) pada posisi pertama, PT Agung Sedayu Group pada posisi kedua, dan PT Alam Sutera Realty pada posisi ke tiga. Berikut penjelasan mengenai para pesaing PT Ciputra Development.
1.    PT Podomoro Agung Group Tbk. (APLN)
Perusahaan pimpinan Trihatma K Haliman yang tercatat memiliki 24 anak usaha dengan proyek yang tersebar di Jakarta, Bandung, Bali, Balikpapan, Makassar. Dan Karawang berada di posisi atas perusahaan properti Indonesia saat ini. Lebih dari 50 proyek properti telah diselesaikan oleh perseroan ini dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

2.    PT Agung Sedayu Group
Agung Sedayu dikenal memiliki proyek residensial atau pengembangan lahan khusus bidang retail, komersial, perumahan, dan apartemen. Perseroan tercatat memiliki proyek Harco Mangga Dua yang mulai dibangun tahun 1991.

3.    PT Alam Sutera Realty
Perusahaan dari keluarga Harjanto Tirtohadiguno ini berdiri pada tahun 1993 dengan nama PT Adhihutama Manunggal. Salah satu proyek pembangunan ini yang dipertimbangkan adalah kawasan terpadu di Serpong. Alam Sutera berada di kawasan 700 hektar dan kini berada di sejumlah proyek Mall @ Alam Sutera, Silkwood Residences, dan Alam Sutera Ofiice Tower.

4.    PT Lippo Karawaci Tbk
Perusahaan grup dari keluarga Riyadi ini merupakan salah satu yang terbesar di Jakarta. Beberapa mega proyek perseroan yang kini dalam proses penyelesaian, mulai dari St. Moritz hingga Kemang Village. Perusahaan mencatat memiliki kapitalisasi pasar Rp 16,4 triliun di Bursa Efek Indonesia.

2 komentar:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus



  2. Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

    Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

    saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp35 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Pembayaran yang fleksibel,
    Suku bunga rendah,
    Layanan berkualitas,
    Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

    Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

    BalasHapus